Darman Sahladi-Maskar Jamin Produk UMKM dan Usaha Kreatif Rumah Tangga Masuk Ke Pasar Digital

SUMBARTIME.COM, LIMAPULUH KOTA,– Angin segar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta usaha kreatif rumah tangga pada pemerintahan Darman Sahladi-Maskar M Datuak Pobo kedepan. UMKM dan usaha kreatif rumah tangga tidak perlu cemas lagi bagaimana dan kemana akan memasarkan produk hasil olahan mereka untuk dijual.

Iklan

“Selain masalah modal, untuk memasarkan hasil produksi juga jadi dikeluhkan bagi pelaku UMKM dan usaha kreatif rumah tangga di daerah kita selama ini. Permasalahan ini sudah kami pikirkan, bagaimana nasib UMKM kedepan. Kemajuan UMKM dan usaha kreatif rumah tangga adalah tanggung jawab kami,” terang calon Bupati dan Wakil Bupati Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo.

Pasangan nomor urut 2 itu mengatakan, kedepan pemerintah daerah harus memberikan suntikan dana lebih sebagai modal bagi pelaku UMKM dan usaha kreatif rumah tangga. “Sekarang memang ada bantuan yang mengalir ke UMKM tetapi tidak merata. Ada juga yang tidak dapat bantuan sehingga usaha yang mereka rintis sulit berkembang,” kata calon Bupati Darman Sahladi.

Selain masalah modal, pelaku UMKM dan usaha kreatif rumah tangga juga susah untuk pemasaran produk. Sehingga akhirnya UMKM dan usaha kreatif rumah tangga mati dengan sendirinya.

” Perantau kita banyak yang sukses, mereka pun kita libatkan. Dengan jaringan yang ada, kapan perlu produk asli Limapuluh Kota sudah go internasional. Pasar untuk poduk UMKM dan usaha kreatif rumah tangga kami carikan,” tegas Darman Sahladi. Dengan solusi seperti itu, calon Bupati Limapuluh Kota tersebut yakin UMKM dan usaha kreatif rumah tangga bisa berkembang dengan baik.

“Pemerintah daerah harus hadir ditengah-tengah mereka (UMKM dan usaha kreatif rumah tangga). Jangan biarkan mereka jalan sendiri, harus diperhatikan. Insha Allah, ini yang saya lakukan kedepan bersama pak Maskar M Dt Pobo,” ucap Darman Sahladi lagi.

Darman Sahladi pun akan merangkul seluruh UMKM dan usaha kreatif rumah tangga di Kabupaten Limapuluh Kota. Sehingga, tidak ada lagi UMKM dan usaha kreatif rumah tangga yang hanya sekedar memproduksi tanpa tau kemana hasil olahan akan dijual. Kemudian, katanya, tidak ada UMKM dan usaha kreatif rumah tangga yang sulit berkembang karena keterbatasan modal. “Kuncinya, asal ada kemauan dari pemerintah daerah untuk terus mendorong kemajuan UMKM Limapuluh Kota. Jalannya kami carikan. Ini sudah masuk program unggulan Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo,” kata Darman Sahladi.

Kemudian, kata calon Wakil Bupati Maskar M Dt Pobo, tidak sulit untuk memasarkan produk UMKM dan usaha kreatif rumah tangga di Limapuluh Kota. Apalagi, katanya diera digital seperti sekarang ini, sangat terbuka lebar. “Kami sudah menyusun konsep, kedepan seluruh jorong di Limapuluh Kota sudah saling terhubung dan terkoneksi internet. Sehingga pemasaran hasil UMKM dan produksi rumah tangga bisa dilakukan dari rumah. Kemudian, pemerintah daerah juga menjajaki kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar skala nasional aau internasional dalam memasarkan hasil produksi UMKM dan usaha kreatif rumah tangga masyarakat Limapuluh Kota,” terangnya.

Pemerintahan kedepan, ucapnya harus berpikir secara modern sesuai dengan tren zaman. Karena itu, dirinya akan mendatangi perusahaan besar ternama yang bergerak pada pasar digital atau e-commerce untuk lebih memprioritaskan produk Limapuluh Kota. “Sudah saat nya produk-produk UMKM dan usaha kreatif rumah tangga masuk ke pasar elektronik. Jual beli dilakukan secara online. Pemerintah daerah akan melakukan kerja sama dengan perusahaan ternama untuk ikut serta dalam penjualan poduk UMKM agar masuk ke pasar global,” terangnya lagi.

Maskar pun menjamin, pola seperti itu UMKM dan usaha kreatif rumah tangga di Limapuluh Kota bisa berkembang dengan baik. Dan semuanya itu nantinya berdampak pada peningkatan ekonomi menuju kesejahteraan masyarakat Limapuluh Kota. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here