Bupati Pessel Berikan Bantuan Yang Dikatakan Dari Jokowi, Menuai Kontroversi

Gambar dari Video Bupati Hendrajoni

SUMBARTIME.COM-Warganet dan masyarakat kontan terhenyak saat menyaksikan video Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Hendrajoni yang terang terangan saat memberikan bantuan kepada beberapa OPD di lingkungan kerjanya masing masing senilai ratusan juta rupiah dari Jokowi.

Kontan saja video yang beredar di sosmed dengan durasi 40 detik itu menjadi viral dan menuai kontroversi dari masyarakat. Warga menilai jika apa yang dilakukan oleh Bupati Pessel itu tidak pada tempatnya dipandang dari beberapa sisi.

Iklan

Menurut masyarakat, Hendrajoni adalah seorang Pejabat dan Kepala Daerah, jika ingin melakukan kampanye harus mengajukan cuti sesuai dengan  sesuai PP Nomor 18 tahun 2013, ujar Erza salah satu warga Pessel mengatakan. Menurutnya, jika Kada menjadi tim sukses salah satu calon presiden untuk menghindari penggunaan fasilitas negara, yang bersangkutan wajib cuti dari jabatannya.

Di sisi yang lain tambah Erza lagi, tidak etis bila Hendrajoni mengatakan anggaran dari APBN itu dikatakan bantuan dari Jokowi, sebab itu bukan uang pribadi Jokowi tapi merupakan uang negara, pungkasnya mengatakan.

Sementara seorang warganet dengan nama akun Cipta Panca Laksana menulis di beranda jejaring sosialnya dengan mengatakan, ” Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni di Sumbar membohongi rakyatnya dengan menyatakan bantuan negara merupakan bantuan Jokowi”

Terpisah, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumbar berencana akan segera memeriksa Bupati Pessel tersebut terkait videonya yang beredar dan menjadi viral. Hal itu dikatakan oleh Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen, kepada awak media. Menurutnya Sesuai dengan Peraturan Bawaslu nomor 7 tahun 2018, pihaknya akan menelusuri terkait video yang beredar tersebut.

Dari hasil mengamati video yang telah diterima oleh Bawaslu Sumbar, mereka menilai apa yang dilakukan oleh Hendrajoni itu tidak tepat. Untuk itu Pihak Bawaslu Sumbar akan memerintahkan Bawaslu Pessel  untuk memeriksa yang bersangkutan.

Seperti diketahui beberapa hari lalu beredar video Bupati Pessel Hendrajoni yang saat itu diduga sedang  melakukan apel upcara di lingkungan kerjanya bersama para OPD. Dalam video tersebut, yang bersangkutan memberikan bantuan dana ke beberapa OPD dengan nilai ratusan juta rupiah dan mengatakan itu berasal dari Jokowi.

“Tau kan Jokowi? Nah oke. Ingat ya!,” ucap Hendrajoni seraya menyerahkan bantuan kepada seorang pria yang diduga aparat desa. Tak lupa Hendrajoni mengacungkan satu jari yang diduga sebagai nomor urut pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, berikut videonya..

(tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here