Bupati Limapuluh Kota Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

SUMBARTIME.COM-Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi terus berupaya mensosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Pakai masker bila keluar rumah, hal ini disampaikan kepada Wali Nagari beserta perangkat ke Nagarian Simalanggang Kecamatan Payakumbuh, Kamis (22/10) di halaman kantor.

“Tetap di rumah dan hanya keluar bila memang benar-benar perlu. Ini penting, terutama bagi orang yang berisiko tinggi, termasuk orang lanjut usia dan yang memiliki riwayat penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan paru” ,kata Irfendi Arbi.

Iklan

Selalu gunakan masker saat keluar rumah. Karena kita mungkin membawa virus tapi tidak memiliki gejala atau hanya gejala ringan, sehingga bisa menularkan ke orang lain. Tapi masker harus dipakai dengan benar, pastikan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu dan hanya dipakai satu kali. Masker kain dipakai ulang setelah dicuci dengan deterjen. tetapi masker medis harus dibuang begitu sampai di rumah, “ucap Irfendi Arbi.

Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Saat menyentuh benda-benda yang sering disentuh orang lain seperti pegangan pintu, uang, meja makan, tangan Anda bisa terpapar virus. Mata, hidung, dan mulut merupakan pintu masuk virus.

“Selalu ambil jarak lebih dari 1 meter dari orang-orang saat berada di luar rumah. Kadang kita merasa tidak nyaman saat ada yang berdiri terlalu dekat, semisal saat mengantri. Jangan ragu, minta dengan sopan agar mereka menjaga jarak, ”tegas Irfendi Arb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here