Bulan Bakti Dasawisma Ke-8 Kota Payakumbuh Kembali Dicanangkan

SUMBARTIME.COM-Tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi pemerintah Kota Payakumbuh, khususnya Tim Penggerak PKK (TP-PKK) setiap melakukan pencanangan Bulan Bakti Dasawisma. Betapa tidak, jika kita putar waktu kembali, inovasi yg lahir dari TP-PKK Payakumbuh tersebut secara resmi di angkat menjadi suatu agenda PKK Provinsi dan sebagai percontohan bagi PKK se-Sumatera Barat sejak 2017 silam. Untuk PKK Payakumbuh sendiri, kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin mulai tahun 2013.

Di tahun 2020 ini, Walikota yang dihadiri Sekretaris Daerah, Rida Ananda kembali mencanangkan Bulan Bakti Dasawisma ke-8 di Lapangan Sari Bulan, Sawah Padang, Kamis (27/2). Pencanangan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekretaris Daerah Rida Ananda, didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Henni Riza Falepi, Wakil Ketua Hj. Machdalena Erwin Yunaz dan Kepala DP3A P2KB kota Payakumbuh.

Iklan

Dalam sambutannya, Rida Ananda menyampaikan bahwa kelompok dasawisma mempunyai peranan yang sangat penting dalam menggerakkan program-program PKK di masyarakat.

“Kelompok dasawisma merupakan kelompok terkecil sebagai perpanjangan tangan dari TP PKK kelurahan. Tugas kelompok dasawisma tentu sangat penting di tengah masyarakat. Mulai dari melakukan pencatatan dan pendataan warga serta mengaktifkan anggota dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK,” ujar Rida Ananda.

Rida Ananda juga menegaskan tentang peran dasawisma dalam pengelolaan sampah.

“Walikota berharap seluruh anggota dasawisma dapat berperan dalam pengelolaan sampah di lingkungan masyarakat kelurahan terkhususnya sampah pribadi rumah tangga. Selain itu, peran keluarga dalam memanfaatkan lahan pekarangan juga sangat diperlukan,” harap Rida.

“Jika perlu, kegiatan tersebut akan kita lombakan nantinya. Mana keluarga yang mampu mengelola sampah dan lahan pekarangan akan kita berikan hadiah pada HUT Kota Payakumbuh mendatang,” pungkasnya kemudian.

Sejalan dengan Walikota, Ketua TP PKK Kota Payakumbuh, Henny Yusnita juga menekankan tentang kebersihan lingkungan.

“Sebagaimana kita ketahui, Batang Agam sekarang sudah tertata dengan rapi. Tugas kita semua untuk saling menjaga, terutama kebersihannya. Jangan ada lagi yang membuang sampah ke Batang Agam,” tegas Henny.(REL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here