Beri Rasa Aman Bagi Pemudik, Polisi Tempatkan Sniper di Kawasan Rawan Begal Jalur Sumbar-Riau

Tim ANTI Bandit Polres Limapuluh Kota antisipasi bandit jalanan di jalur mudik Sumbar Riau

SUMBARTIME.COM-Selain mengamankan pelaku pungli di jalur Sumbar-Riau, dengan modus melintangkan kayu di tengah jalan serta meminta sumbangan kepada para pengendara yang melintas, Tim Satgas Reskrim Polres Limapuluh Kota juga tempatkan beberapa sniper (penembak jitu) di kawasan rawan begal selama jelang lebaran tahun 2022 ini.

Hal itu disampaikan oleh Kasatreskrim Polres Limapuluh Kota AKP Syafrinaldi yang didampingi Kanit Buser Aiptu Bainur, Rabu (27/4) dini hari. Menurutnya, hal itu dilakukan demi memberikan rasa aman kepada para pemudik yang melintasi jalur Sumbar Riau, jelang dan beberapa hari sesudah lebaran, ungkapnya.

Iklan

Seperti diketahui dalam beberapa hari belakngan, banyaknya aparat mendapatkan laporan dari masyarakat pengguna jalur Sumbar- Riau dengan mulai maraknya aksi pungutan liar yang dilakukan oleh beberapa oknum masyarakat dengan memanfaatkan kondisi jalan yang kurang baik.

Para pelaku pungli meletakan kayu di tengah jalan dan berpura pura berusaha mengevakuasi kayu yang melintang di badan jalan. Selanjutnya para bandit jalanan tersebut meminta sumbangan dengan setengah paksa kepada para pengendara, sehingga kembali menimbulkan keresahan.

Akibatnya banyak pengendara yang melintas menjadi tidak nyaman dan melaporkannya ke polisi. Aparat yang mendapatkan laporan langsung turun ke lokasi dan berhasil menangkap salah satu pelaku pada Selasa (26/4) dini hari kemaren di kawasan Jalur Sumbar- Riau.

Dengan berhasilnya aparat dari Reskrim Polres Limapuluh Kota mengamankan salah satu pelaku yang berusaha hendak kabur bersama komplotannya, kondisi jalur Sumbar- Riau, kembali mulai nyaman untuk dilalui.

Akan tetapi sambung Syafrinaldi lagi, polisi tetap tidak lengah terutama memasuki hari H lebaran. Demi menjaga keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan terutama bagi warga yang hendak mudik ke kampung halaman serta melalui jalur Sumbar Riau, di beberapa titik yang dianggap rawan aparat telah menempatkan para petugasnya termasuk dari Tim Siniper demi mencegah kejahatan jalanan yang bisa saja terjadi dan dialami oleh para pemudik, paparnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polres Limapuluh Kota, Aiptu Bainur mengimbau para pemudik tidak usah ragu melewati jalur Sumbar Riau. Menurutnya sudah menjadi tanggung jawab polisi memberikan rasa aman kepada para pengguna jalur terutama terhadap para pemudik, ungkapnya.

Selain itu Bainur juga mengatakan jika selama dalam perjalanan para pemudik yang mendapatkan kendala, terutama dalam masalah kemanan dan kenyamanan selama di perjalanan, mereka bisa menghubungi nomor personil Tim Satgas anti Bandit yang dibentuk oleh Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso untuk antisipasi kriminalitas jalanan selama arus mudik serta balik.

Adapun beberapa nomor Tim Satgas Anti Bandit Polres Limapuluh Kota masing masing adalah, 081363211153, 081219996738, 081363905051, dan 085214788509. Jika ada para pemudik yang menemukan kejahatan jalanan, baik begal, pungli, atau kejahatan jalanan lainnya, segera hubungi nomor diatas. Polisi akan cepat merespon dan segera meluncur ke TKP, pungkasnya. (rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here