Berantas Pinjol Ilegal, Polisi Gerebek PT ITN

penampakan aktifitas karyawan pinjol

SUMBARTIME.COM-Sebuah ruko yang terletak di kawasan Rukan Crown Blok C1-7, Green Lake City, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, lokasi berdomisilinya sebuah perusahan Pinjaman Online (Pinjol) bernama PT Indo Tekno Nusantara, Kamis (14/10) digerebek polisi.

Dalam penggerebekan tersebut 32 orang karyawan diamankan polisi.

Iklan

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, perusahaan Pinjol yang bernaung di bawah bendera PT Indo Tekno Nusantara (ITN) memiliki 13 aplikasi yang dikelola. Sebagian besar aplikasi tersebut ilegal dan tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terangnya.

Terkait penggerebekan tersebut ucap Yunus, karena dinilai telah meresahkan warga masyarakat, salah satunya melakukan teror kepada konsumen dan menyebarkan privasi konsumen yang menggunakan jasa mereka.

Lebih jauh dirinya menerangkan jika tumbuh suburnya pinjol di wilayah Indonesia kebanyakan telah membuat masyarakat menjadi stres akibat ulah mereka.

Membujuk dan menawarkan pinjaman mudah nyaris tanpa syarat kepada konsumen. Dalam penagihan, menghubungi konsumen dengan kata kata yang bersifat teror. Selanjutnya apabila konsumen telat membayar sesuai dengan jadwal akan dilakukan pengancaman oleh pihak kolektor melalui telepon yang berujung pada penyebaran privasi konsumen di medsos yang berisikan konten konten pornografi, hingga warga yang terjerat memakai jasa pinjaman mereka menjadi stres.

Atas itulah Polisi melalui arahan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh Jajaran Polri memberantas Pinjol ilegal di tanah air, papar Yunus. (bn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here