“Asap Di Langit, Politik Di Bumi, Dalam Nagari Gurun Bertemu Juga”

Para Politisi Luhak Limopuluah

SUMBARTIME.COM-Kabut asap yang menyelimuti langit Limapuluh Kota, serta daerah lain dalam beberapa waktu belakangan ini, membuat beberapa wilayah masyakatnya melakukan ritual Sholat Istiqhasah.

Tak terkecuali di Kabupaten Limapuluh Kota, bertempat di Nagari Gurun, Kecamatan Harau, Minggu (22/9) pagi, masyarakat sekitar melaksanakan sholat berjamaah meminta agar Yang Maha Kuasa menurunkan hujan di Kawasan Luhak Limopuluah.

Iklan
Loading...

Di samping masyarakat yang hadir turut juga beberapa petinggi serta tokoh politik seperti Irfendi Arbi, Bupati Limapuluh Kota, Riza Falepi, Walikota Payakumbuh, Rizki Kurniawan Nakasri serta Muhammad Rahmad, kedua duanya kandidat yang akan ikut berlaga pada Pilkada di Limapuluh Kota, pada Tahun 2020 nanti.

Kehadiran para tokoh politik itu selain ikut melaksanakan ritual peribadatan, suka atau tidak suka namun seperti kata para pengamat dengan hadirnya para politisi tersebut dinilai bagian dari momen kepentingan agenda politik yang sedang mereka jalankan.

Seperti yang dikatakan oleh Arnovi Sutan Mudo, pengamat politik Luhak Limopuluah kepada awak media, Minggu (22/9) malam. Menurutnya, disamping melakukan peribadatan meminta hujan turun, juga tidak bisa dipungkiri kegiatan ritual tersebut ada juga momen politiknya.

Di jelaskan ujarnya lagi, seperti diketahui Riza Falepi dalam waktu belakangan ini amat santer digadang gadangkan maju sebagai Calon Gubernur Sumatera Barat. Sementara Irfendi Arbi adalah seorang Petahana yang diperkirakan kembali berlaga pada Pilkada Limapuluh Kota. Adapun Rizki Kurniawan Naskari serta Muhammad Rahmad adalah dua kandidat calon penantang Petahana Limapuluh Kota, paparnya.

” Yang namanya para politisi sekecil apapun momen pasti akan mereka manfaatkan dalam mencari simpati masyarakat,” ujar Arnovi.

Hal demikian dalam konteks negara demokrasi biasa saja dan sudah lumrah saja terjadi, timpalnya lagi.

Jika merunut komentar dari salah satu pengamat itu, ada benarnya juga. Selama ini momen bertemunya Duo Kepala Daerah (Riza Falepi dan Irfendi Arbi) yang bertetangga amat sulit terjadi. Tak habis jari menghitung momen pertemuan mereka dalam kegiatan masyarakat selama mereka menjabat.

Apalagi dalam pertemuan tersebut juga dihadiri duo politisi yang dengan nyata memproklamirkan diri mereka ingin bertarung pada Pilkada Limapuluh Kota. Tak berlebihan jika sebuah pribahasa yang dipelesetkan berbunyi, “Asap di langit, politik di bumi, dalam Nagari Gurun bertemu juga”.

Kehadiran para politisi tersebut pada momen kegiatan masyarakat di tempat yang sama, tak salah jika masyarakat menilai kedatangan mereka disamping ikut larut melakukan ritual ibadah demi kemaslahatan umat, juga ada terselip keinginan menarik simpati masyarakat luas dengan harapan untuk mendapatkan kepercayaan rakyat. (aa)

Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here