5 Ekor Ternak Warga Sitapa Limapuluh Kota Tewas, Diduga Dimangsa Hewan Buas

warga setempat memasang perangkap hewan buas (foto dari web resmi Nagari Sitapa)

SUMBARTIME.COM-Dalam 2 hari terakhir warga Jorong Sikabu Kabu, Nagari Sikabu kabu Tanjung Haro Padangpanjang (Sitapa) Kabupaten Limapuluh Kota diresahkan dengan matinya beberapa ternak warga secara berturut turut dengan kondisi luka bekas gigitan di areal leher.

Kuat dugaan matinya beberapa ternak milik warga jenis Kambing tersebut akibat diterkam dan dimangsa hewan buas.

Iklan

Hal itu diungkapkan oleh Walinagari setempat Nofrizal, Kamis (4/3) malam, kepada awak media. Menurutnya dalam 2 hari terakhir sudah ada 5 ekor kambing milik warga mati dan diduga dimangsa hewan buas, tuturnya.

Lebih jauh dijelaskan, awalnya salah satu warga pemilik ternak menyangka jika kambing miliknya mati akibat digigit anjing pemburu. Namun setelah berturut turut tewasnya beberapa ekor kambing milik warga lainnya dengan kondisi luka mengangga di bagian leher warga menjadi curiga jika ternak mereka diserang dan dimangsa hewan buas.

Atas peristiwa tersebut, wargapun langsung melaporkan kepada perangkat nagari, dan selanjutnya langsung menghubungi pihak Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Limapuluh Kota, beber Novrizal.

Terpisah, Kepala BKSDA Resort Limapuluh Kota, Martias, membenarkan tentang adanya laporan yang masuk dari warga Sitapa. Menurutnya kuat dugaan jika 5 ekor kambing milik warga tewas akibat diduga dimangsa oleh hewan buas.

Namun dirinya belum bisa memastikan jenis hewan buas seperti apa yang telah memangsa ternak milik warga tersebut. Saat itu sambung Martias lagi, pihaknya telah melakukan pemasangan perangkap berupa kerangkeng besi di sekitaran jejak kaki hewan buas yang ditemukan tersebut, pungkasnya. (rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here