4 Pelaku Begal di Padang Diringkus Polisi, Modus Umpankan Seorang Wanita

gambar ilustrasi

SUMBARTIME.COM-4 Orang pelaku begal dan 1 diantaranya wanita, diringkus Tim Opsal Reskrim Polsek Padang Utara, di lokasi dan waktu yang berbeda.

Ke empat pelaku ini ditangkap atas aksi pembegalannya terhadap seorang korban yang masih remaja berinisial ASP (16) kawasan jalan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, pada Jumat (18/9) dini hari kemaren.

Iklan

Dengan modus mengumpankan seorang wanita, para pelaku begal tersebut berhasil membawa kabur satu unit motor merek Yamaha Jupiter MX, serta satu unit ponsel milik korban.

Hal itu dibenarkan oleh Kanit Reskrim Polsek Padang Utara, Ipda Hendrizal, Sabtu 19 September 2020. Menurutnya Ke empat pelaku begal masing masing inisial MA (18), RYF (19), GP (21) dan RPF (wanita 19), ditangkap di lokasi serta waktu yang berbeda.

Awal penangkapan, kurang dari 24 jam dua orang pelaku berhasil diringkus yakni GP dan RPF. Keduanya ditangkap pada Jumat 18 September 2020. Sementara, saat polisi ingin meringkus 2 pelaku lagi, keduanya sempat kabur dan tercium dengan gelagat polisi yang terlebih dahulu meringkus dua temannya.

Namun berkat kejelian aparat di lapangan, diketahui dua pelaku yakni MA dan RYF yang merupakan otak dari aksi pembegalan itu diketahui bersembunyi di sebuah rumah kawasan Kota Padang.

Saat aparat datang ke lokasi, sempat terjadi perlawanan dari mereka sehingga polisi terpaksa mengeluarkan tembakan peringatan agar mereka menyerah. Selanjutnya kedua pelaku ini berhasil digelandang ke Mapolsek Padang Utara, untuk menemani dua rekan mereka yang terlebih dahulu di bui. Sementara khusus untuk RPF, dititipkan di penjara khusus wanita Mapolsek Padang Timur.

Sementara barang bukti berupa dua unit sepeda motor serta satu unit ponsel juga turut disita.

Adapun kronologi kejadian, bermula dari korban yang melintas di kawasan Jalan Gunung Pangilun Padang, diberhentikan oleh RPF yang berpura pura kemalaman dan butuh tumpangan. Korban yang awalnya merasa iba dan tak sadar masuk dalam perangkap, bersedia mengantarkan RPF pulang ke rumahnya.

Akan tetapi saat hendak akan diantar, tiba tiba dari arah belakang muncul 3 pelaku lainnya yang ingin merampas harta korban berupa ponsel serta motor. Awalnya korban sempat melakukan perlawanan hingga terjadilah perkelahian diantara mereka.

Namun karena kalah jumlah, korban berhasil ditundukan para pelaku dan selanjutnya merampas harta dan kabur meninggalkan korban. Korban yang tidak terima ponsel dan motornya dibawa kabur langsung melapor ke Polsek Padang Utara, papar Hendrizal. (dei)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here