38 EKOR KUDA AKAN BASILANJA DI EVENT TERBUKA ALAM BAREH SOLOK

GAMBAR PACU KUDA

SUMBARTIME.COM-Sebanyak 38 ekor kuda yang berasal dari 10 daerah yang ada di Sumatera Barat, akan berpacu di Event terbuka Pacu Kuda Ampang Kualo, Kota Solok, Sabtu – Minggu, 5 – 6 April 2018. Diantara daerah yang telah mendaftarkan kuda kudanya itu adalah, Aceh, Padang, Bukit Tinggi, Padang Pariaman, Agam, Padang Panjang, Payakumbuh, Sawah Lunto, Batu Sangkar, dan Kota Solok sebagai tuan rumah.

Dari Pers realease yang disampaikan oleh kepala bagian Humas Sekretariat daerah Kota Solok, Nurzal Gustim, S.STP,M.Si, mengatakan, kegiatan yang bertemakan “Basilanja Alam Bareh Solok 2018”  itu, merupakan perhelatan tradisional yang dibiayai oleh APBD kota Solok yang terletak di DIPA dinas Pariwisata kota Solok.

Iklan

Selain sudah menjadi kalender tahunan, kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke kota Solok, serta sekaligus untuk memperkenalkan destinasi destinasi waisata kota Solok ke maayarakat luas.

Lebih jauh  Nurzal Gustim menyampaikan, kegiatan yang dikemas rapi itu, diselenggarakan oleh pemerintah kota Solok bekerja sama dengan Pordasi Kota Solok, berserta instansi terkait lainnya, kegiatan terbuka untuk umum dan disajikan secara gratis alias tampa dipungut bayaran bagi penonton yang ada.

Pada hari pertama, tepatnya Sabtu 5 April 2018, Event Basilanja tersebut akan dibuka lansung oleh Walikota Solok, H.Zul Elfian, SH.M.Si, dan dihari pembukaan atas kegiatan itu, juga akan dimeriahkan oleh penampilan kesenian budaya tradisional yang ada didaerah setempat.

” Semuanya tersaji secara gratis untuk masyarakat, dan semoga ini dapat menjadi hiburan menjelang datangnya Ramadhan 1439 H “, imbuh Kabag Humas mengakhiri.

Sementara itu pada kesempatan lain, ketua Pordasi Kota Solok, Bujang Joran, didampingi oleh Asisten II Pemerintah Kota Solok, Jefrizal yang sekaligus bertindak sebagai ketua pelaksana kegiatan, menyebutkan, Pacu Kuda yang akan diselenggarakan diarena Ampang Kualo itu, merupakan putaran ke VII dari kalender Pordasi Sumbar untuk tahun kegiatan 2017 – 2018.

Dan pada hari pertama, panitia pelaksana akan menyelenggarakan sebanyak 11 race pertandingan, sementara itu pada hari terakhir atau hari kedua akan menyelenggarakan sebanyak 13 race pacuan kuda.

Ketua Pordasi kota Solok menerangkan,  hingga H-5 Event terbuka Basilanja Alam Bareh Solok dilaksanakan, semua persiapan sudah hampir rampung, mulai dari kegiatan pengadaan atau pembersihan kandang kuda, pembuatan pagar keliling, anjungan, rumah bulat, serta perbaikan race yang ada, dan dikatakannya lapangan atau race sudah bisa untuk diuji cobakan.

” Kita Sangat berharap Perhelatan Nagari ini bisa  memberikan hiburan yang memuaskan untuk masyarakat, dan sekaligus bisa memberikan dampak yang baik kepada pengelolaan wisata di kota Solok ” ujar Ketua Pordasi Kota Solok.

Untuk menciptakan situasi yang kondusif dilapangan, serta untuk kenyamanan dan keamanan para pengunjung di event terbuka Basilanja Alam Bareh Solok 2018, pihaknya telah bekerja sama dengan Polres Solok Kota dan Kodim 0309 Solok, ungkap Jefrizal, menyambung paparan yang disampaikan oleh ketua Pordasi kota Solok.

Dan sebagai orang yang dipercaya menjadi ketua pelakasana dalam kegiatan itu, Jefrizal mengharapkan dukungan dan kerjasama dari semua pihak yang ada, demi kelancaran acara tersebut.

Mengakhiri paparan yang disampaikannya, asisten II dipemerintahan kota Solok itu mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang dikemasnya itu, baik yang telah diberi secara moril maupun dalam bentuk materil. (Gia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here