2 Kawanan Spesialis Congkel Jok Motor Diringkus, Rp 135,8 Juta Berhasil Diraup

Konfrensi Pers di Mapolres Tanahdatar Terkait spesilis congkel jok motor

SUMBARTIME.COM-Jajaran satreskrim Polres Tanah Datar ringkus 2 dari 4 orang komplotan spesialis pencongkel jok motor.

Hal itu dikatakan oleh Kapolres Tanah Datar AKBP  Rokhmad Hari Purnomo, SIK, MSI melalui Wakapolres Kompol Eridal, SH dan didampingi oleh Kabag OPS Ischak, dalam gelaran konfrensi pers di Mapolres, Jumat (24/7).

Iklan

Dijelaskan Eridal, 2 dari 4 kawanan spesialis pencongkel jok motor berhasil ditangkap Satreskrim Polres Tanah Datar dengan inisial masing masing SF (53) dan IN (47). Keduanya diringkus di dua lokasi berbeda yakni di Solok dan Padang. Adapun keduanya sama sama berasal dari daerah Jawa Barat.

Sementara dua kawanan lagi saat ini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) dan masih buron, paparnya.

Lebih jauh, komplotan tersebut yang mulai beroperasi sejak Tahun 2019 dan melakukan aksi di 10 TKP yang berbeda namun yang sukses serta berhasilhanya di 5 lokasi.

Sasaran dari komplotan tersebut adalah para nasabah bank yang telah di intai dari lokasi awal penarikan uang. Saat nasabah lengah dengan meletakan uang serta harta benda yang lainnya di dalam jok motor yang sedang terparkir, komplotan ini beraksi.

Total uang serta harta benda lainnya yang telah berhasil mereka raup selama melancarkan aksi bernilai sebesar Rp 135,8 Juta.

Aksi mereka yang terbaru menjelang berhasil ditangkap adalah menggasak uang serta emas perhiasan dan ponsel milik seorang PNS di kawasan Jorong Parak Juar, Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, atau tepatnya depan ruko Mutia pada 10 Juli 2020, sekira pukul 13.30 WIB kemaren.

Adapun kronologisnya, PNS warga Kubu Rajo Lima Kaum bernama Rukmini usai mengambil uang di salah satu bank yang ada di Batusangkar singgah dan berhenti di sebuah toko pakaian. Saat itu korban meletakan uang yang baru saja dia ambil dari Bank di dalam jok motor sebanyak Rp 4 Juta serta emas 30 emas dan ponsel merk Oppo.

Saat korban lengah meninggalkan motornya diparkiran kawanan yang berjumlah 4 orang tersebut langsung melancarkan aksinya dengan mencongkel jok motor dan membawa kabur uang serta harta benda korban.

Sementara itu, korban yang kaget melihat jok motornya terbuka serta harta bendanya telah lenyap digondol maling, langsung melaporkan peristiwa tersebut ke Polres Tanahdatar.

Polisi yang mendapatkan laporan langsung turun ke TKP dan melakukan penyelidikan serta memeriksa barang bukti serta para saksi, dan berhasil memburu dan meringkus 2 dari 4 pelaku. Adapun barang bukti yang berhasil di sita dari tangan para pelaku adalah 2 unit mobil jenis merk Avanza warna hitam dan Xenia warna putih dan satu unit Hp serta uang kontan sebanyak Rp 1 Juta, tutup Eridal. (ezi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here