Langit Luhak Limapuluh Semakin Memburuk, Warga Harap Kedua Kepala Daerah Liburkan Anak Sekolah

Kondisi cuaca yang makin memburuk di Luhak Limopuluah ( Foto dari Budi Mulya)

SUMBARTIME.COM-Dalam beberapa hari belakangan ini jerebu kabut asap di langit Luhak Limopuluah semakin pekat dan dinilai mulai mengancam kesehatan masyarakat di dua daerah, Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Hal tersebut bisa dilihat pada Senin (23/9) pagi pukul 07.00 WIB, langit di kawasan dua daerah bertetangga tersebut semakin kelam dan surat akibat jerebu kabut asap yang menyelimutinya.

Iklan

Kondisi tersebut membuat iklim udara semakin memburuk dengan berdampak langsung kepada masyarakat yang sensitif dengan merasakan keperihan pada mata dan mengalami sesak nafas.

Melihat kondisi ketebalan kabut asap semakin parah, membuat warga di dua daerah tersebut menjadi kuatir dengan aktifitas anak anak mereka di luar. Warga berharap Kedua kepala Daerah di Payakumbuh dan Limapuluh Kota, mengambil kebijakan untuk meliburkan aktifitas pendidikan di sekolah sampai keadaan mulai membaik.

Banyak para orang tua merasa kuatir jika anak anak mereka terkena penyakit saluran pernapasan atau ISPA. Untuk itu mereka berharap agar Kedua pemerintahan Kota/ Kabupaten mengambil kebijakan untuk meliburkan sementara proses belajar mengajar di sekolah sekolah.

Sementara itu, Wahana Lingkungan Hidup, (Walhi) Sumbar, telah menyurati dan meminta kepada Pemrov agar melakukan langkah kongrit dalam mengatasi kabut asap yang semakin parah. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Walhi Sumbar Uslaini. Menurutnya, Pemrov harus segera turun tangan mengatasi kabut asap yang semakin parah dan membahayakan keseshatan masyarakat.

Adapun langkah kongrit yang bisa dilakukan oleh Pemrov Sumbar, disamping membagikan masker secara cuma, cuma, pihaknya juga bisa mengambil kebijakan untuk meliburkan peserta didik sampai keadaan mulai membaik, terangnya mengatakan.

Terpisah, sehari sebelumnya, Minggu (22/9) Walikota Payakumbuh, Riza Falepi dalam obrolan di WAG, sudah mulai sesegera mungkin mengambil ancang ancang untuk berkordinasi dengan Dinas terkait di Kota Payakumbuh untuk meliburkan peserta didik dari sekolah masing masing sampai kondisi mulai membaik, tulisnya dalam salah satu grub WhatsApp tersebut. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here