Wamen ESDM Bakal Resmikan Sumur Bor di Situjuah

Sumbartime.com, Payakumbuh – Jika tidak ada aral melintang, untuk kali kedua di bulan Oktober ini, Situjuah Limo Nagari, Limapuluh Kota, akan kedatangan Menteri Kabinet Kerja lagi.

Setelah pada 2 Oktober lalu Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman datang melaunching manggis ekspor tujuan China dari Situjuah Tungka, Situjuah Limo Nagari, maka Jum’at (26/10) besok, giliran Wamen ESDM Archandra Tahar dijadwalkan datang ke Situjuah Tungka.

Iklan

Archandra diagendakan datang ke Situjuah, dalam rangka peresmian sumur bor bantuan Kemen ESDM untuk Kabupaten Limapuluh Kota yang berada di areal Pondok Pesantren Al Makmur Tungkar, Situjuah Limo Nagari.

“Alhamdulillah, sumur bor ini, sudah selesai dibangun. Kemarin itu, bantuan sumur diminta langsung adinda Muhammad Bayu Vesky, ke pak Wamen. Itu dikabulkan dan beliau akan meresmikan pemakaiannya,” aku Walinagari Tungka Yusrizal Dt Pado dan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Almakmur Tungkar Syahrul Isman, Senin (22/10).

Dalam keterangan persnya, Yusrizal Dt Pado dan Syahrul Isman yang didampingi Ketua LPM Daliusman bersyukur, bertepat dengan Hari Santri Nasional 2018, Pondok Pesantren Al Makmur Tungkar yang merupakan Pesantren milik anak nagari, mendapat bantuan sumur bor dan saat ini sudah mengalir.

“Dulu, untuk mandi saja, santri dan santriwati kami kesulitan mencari air bersih. Semoga, bantuan ini juga bisa nantinya menopang aliran air untuk masyarakat Situjuah Tungka khususnya dan Situjuah umumnya,” tutur Yusrizal Dt Pado.

Pemnag dan Yayasan Al Makmur bersyukur, Pemerintah Pusat melalui Wamen ESDM menaruh perhatian yang amat tinggi terhadap kegiatan keagamaan di Sumatera Barat. Apalagi, selain di Situjuah, bantuan juga dikucurkan untuk beberapa wilayah lain sejak 2017 lalu.

“Atas nama anak nagari dan warga Limapuluh Kota, kami mengucapkan terimakasih kepada pak Menteri ESDM, pak Wamen ESDM dan seluruh keluarga besar Kemen ESDM. Terutama untuk bapak Presiden RI Jokowi yang mendorong program sumur bor ini” aku Muhammad Bayu Vesky.

Bayu Vesky kata Syahrul Isman, sengaja meminta bantuan sumur bor dan kemudian ditindaklanjuti Wamen ESDM. “Insyaallah, Jumat akan kota resmikan pemakaiannya (sumur bor,-red),” kata Wamen Archandra Tahar, terpisah.

Para santri dan santriwati serta warga Situjuah mengucapkan terimakasih, atas bantuan sumur bor Kemen ESDM. Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi secara terpisah, juga mengucapkan hal yang sama.

Di Situjuah Limo Nagari, menurut Muhammad Bayu Vesky, masih ada beberapa kawasan dan Jorong yang butuh bantuan serupa. Termasuk bantuan untuk pemasangan listrik gratis. “Kemarin, pas kami menghadap pak Wamen, itu sudah kami sampaikan,” sebut Bayu Vesky terpisah.(rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here