Usai Angin Kencang, BPBD Payakumbuh Bergerak Cepat

SUMBARTIME.COM – Kondisi hujan deras dan angin kencang yang melanda Kota Payakumbuh, Minggu sore (8/9), mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa sejumlah bangunan di kawasan perbatasan Payakumbuh-Limapuluh Kota tepatnya Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Payakumbuh Utara.

Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD Payakumbuh bersama Satdamkar, PLN dan Satlantas Polsekta Payakumbuh, langsung turun ke lapangan untuk mengevakuasi dampak angin kencang tersebut.

Iklan

“Iya, kejadiannya kira-kira sejak jam 15.30 WIB, ada hujan deras dan angin kencang sehingga pohon kayu dan ranting di kawasan ini jatuh dan menimpa jalan serta bangunan,” ujar Kepala BPBD melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Payakumbuh Atrimon, Minggu (8/9).

“Kejadian tersebut secepatnya kami tanggulangi, walaupun sempat mengakibatkan macet atau padat merayap selama 2 jam,” tutur Atrimon.

TRC pun berjibaku menggunakan mesin dan peralatan lainnya untuk mengevakuasi batang pohon, ranting dan puing bangunan yang tertimpa pohon. Personel kepolisian juga sibuk menerapkan sistem buka tutup untuk menjaga arus lalu lintas.

“Sempat macet dari arah Pekanbaru sepanjang 3 km dan dari arah Payakumbuh sepanjang 2 km,” ujar Iptu Syafrianto dari Polres Payakumbuh yang sedang sibuk mengatur arus lalu lintas di ruas jalan Sumbar-Riau itu. Proses evakuasi terpantau lancar. Sebelum magrib, proses evakuasi bisa diselesaikan dan listrik kembali dihidupkan pihak PLN Payakumbuh. (npn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here