Tolak Izin Tambang Emas, Ribuan Massa di Pasaman Bakar Mobil Aparat dan Basecamp PT IMJ

Massa mengamuk di pasaman

SUMBARTIME.COM-Sejak Rabu (23/05) dini hari hingga siang, suasana mencekam terjadi di Nagari Simpang Tonang, Kecamatan Duo Koto, Kabupaten Pasaman. Warga yang marah dan emosi merusak dan membakar dua mobil aparat kepolisian hingga ludes.

Tidak itu saja, ribuan massa yang sudah tidak terkendali juga membakar basecamp milik PT Inexco Jaya Makmur (PT.IJM) di Simpang Kuayan. Polisi yang sempat berjaga di lokasi dipaksa untuk mundur dan menarik diri demi menghindari terjdinya korban jiwa.

Iklan

Kemarahan warga tersebut diduga karena tidak diindahkannya tuntutan warga yang menolak izin tambang emas yang di lakukan oleh PT IJM di wilayah mereka.

Adapun Insiden bermula saat ribuan warga Simpang Tonang mendatangi base camp tambang emas milik PT IJM di Kampung Simpang Kuayan, Nagari Simpang Tonang, Kecamatan Dua Koto. Saat itu massa sempat melakukan pencegataan terhadap sebuah  truck pengangkut semen dan bahan bangunan ke Base Camp PT IJM.

Selanjutnya ratusan massa dengan membawa senjata tajam serta kayu balok lantas menuju base camp PT. IJM. Ratusan personil polisi sempat menghadaang laju massa untuk mecegah perbuaatan anarkis.

Aksi penghadangan oleh aparat tersebut membuat emosi massa menjadi tidak terkendali hingga mereka melempari petugas dengan bom molotov. Polisi yang kewalahaan sempat kocar kacir hingga memilih untuk mundur. Akibatnya dua mobil polisi masing masing milik Kasat Narkoba jenis Kijang Grand dan Avanza milik anggota intel dibakar massa hingga hangus.

Polisi sempat mengamankan sebanyak 30 massa ungkap Kapolres Pasaaman AKBP Hasanuddin. Namun massa semakin beringas hingga melakukan blokade di jalan di daerah Kampung Barilas. Akibat blokade tersebut aparat kesulitan untuk menembusnya karena dilempari batu oleh massa, hingga terjadi negoisasi antara polisi dengan massa yang berujung dilepasnya 30 warga yang sempat ditangkap. Selanjutnya kondisi mulaai berangsur pulih.

Namun pada Rabu (23/05) siang sekira pukul 13.45 WIB, tiba tiba ratusaan massa kembali daatang ke basecamp PT.IMJ. Mereka merengsek masuk dan tanpa bisa dicegah, raatusaan massa membakar baacecamp yang ada di Kawasan PT IMJ tersebut hingga hangus.

Sementara aparat tidak bisa mendatangi dan masuk ke lokasi akibat massa memutus badan jalan di daerah Kampung Barilas Jae, Jorong Perdamaian, Nagari Simpang Tonang, bahkan diperoleh info ribuan massa bersiaga di daerah Pasar Simpang Tonang. (sggn)

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here