Terapkan E-Cliping, Diskominfo Payakumbuh Jadi Percontohan

Payakumbuh, sumbartime.com —Salah satu program sistem informasi, E-Cliping yang diterapkan pemerintah Kota Payakumbuh, kini menjadi percontohan bagi daerah lain. Sepanjang Maret 2017 ini, beberapa daerah berkunjung ke Kota Batiah untuk bertukar informasi dengan Dishubkominfo.

Iklan

Seperti Dinas Kominfo Kabupaten Pasaman, yang melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kominfo Kota Payakumbuh, Rabu (22/3), yang terletak di Jalan Kapten Tantawi, Kantor Balai Kota, Ex Lapangan Poliko Payakumbuh.

Rombongan terdiri dari empat orang yang dipimpin langsung oleh Kabid TI dan E-Government Mahatiafiria yang didampingi Kasi Aplikasi Nur Haqqi. Kemudian, Kasi minfra Struktur Irma Wati dan Kasi PSD TIK Loly Farisya.

Di Payakumbuh, mereka disambut Kadiskominfo, Elfi Jaya didampingi Kabid E-Government Dinas Kominfo Payakumbuh Armein Busra bersama Kasi Pemberdayaan Informatika, Rafles Susandi, Kasi Infrastruktur Robby Hafanos dan Teknologi dan kasi Persandian Afrizon Nasri.

Elvi Jaya mengatakan, sejak sebulan belakangan ini, sudah ada lima kabupaten/kota melakukan sharing dan tukar informasi ke Dinas Kominfo Kota Payakumbuh. Lima daerah itu, antara lain,

Diskominfo Limapuluh Kota, Diskominfo Kota Solok, Diskominfo Pasaman Barat, Diskominfo Sibolga, dan Diskominfo Kabupaten Pasaman.

“Kedatangan sejumlah Dinas Kominfo kabupaten/kota ke Dinaskominfo Payakumbuh, tidak lain merupakan arahan dari Diskominfo Provinsi Sumatera Barat, yang menganggap Payakumbuh telah lebih siap secara implementasi penyelenggaraan E-Government menuju Smart City,” terangnya.

Kabid TI dan E-Gov Mahatiafiria menyebut, selain tukar informasi dibidan E-Government juga melihat dan mendalami terkait perkembangan teknologi informatika di lingkungan Pemko Payakumbuh.

Kunjungan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terhadap kebutuhan informasi masyarakat. “Terkait perkembangan tersebut kami menilai bahwa di kota Payakumbuh sudah tertata perencanaan hingga asetnya, sesuai arahan dari Pemprov Sumbar,” tukasnya.

Kabid E-Gov Armein Busra menambahkan, tukar Informasi yang dilakukan Dinas Kominfo Kabupaten/Kota ini ke Diskominfo Kota Payakumbuh tentang Master Plan E-Government, Infrastruktur TIK dan pengembangan aplikasi yang secara umum terkait dengan Penyelenggaraan E-Government di Kota Payakumbuh. (ARY/Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here