Survei LKPI Tempatkan Prabowo Subianto 58,1 Persen

Rilis hasil survei LKPI

SUMBARTIME.COM-Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI)  dalam rilis hasil surveinya menempatkan pasangan Capres 02 Prabowo Subianto Sandiaga Uno pada posisi 58,1 persen, mengunggguli pasangan Capres 01 Jokowi Ma’ruh dengan posisi 40,9 persen.

Tidak itu saja, menurut Direktur Eksekutif LKPI, Tubagus Alvin saat pemaparan hasil survei di kawasan Cikini, Jumat (5/4), sebanyak 46 persen masyarakat inginkan Presiden baru dan hanya 34,7 persen yang menginkan Jokowi dua priode.

Iklan

Survei yang dilakukan sejak 20 Maret hingga 3 April 2019 yang menyebabkan kekalahan Capres Petahana menurut Alvin lagi disebabkan oleh beberapa hal.

Pertama, sebanyak 58,1 persen masyarakat berpendapat bahwa negara Indonesia saat ini sedang berjalan ke arah yang salah seperti: bertambahnya hutang negara, tingginya tingkat korupsi yang kian merajalela, mempermudah masuknya tenaga kerja asing di Indonesia, serta maraknya jual beli jabatan di Pemerintah dari tingkat desa sampai tingkat pusat.

“Kedua, menurunnya tingkat pendapatan dan perekonomian keluarga yang sangat dirasakan oleh masyarakat Indonesia sebesar 85,5 persen selama kurun waktu 4 tahun terakhir,” terang Alvin.

Sementara di segi ekonomi, sebanyak 49,6 persen masyarakat merasa kondisi perekonomian dalam empat tahun terakhir menurun. Hanya 5,4 persen responden yang menyatakan kondisi ekonominya meningkat, katanya lagi.

Secara keseluruhan, sebanyak 52,9 persen responden menyatakan tidak puas dengan kondisi negara saat ini. Hanya 10,1 persen yang menyatakan setuju dengan cara kerja Presiden Joko Widodo selama 4,5 tahun ini. 

Adapun survei yang dilakukan LKPI sejak 20 Maret sampai 3 April 2019 dilakukan kepada warga Negara Indonesia yang mempunyai hak pilih dengan responden sebanyak 2.426 dengan menggunakan metode multistage random sampling, hasil survei mendapati tingkat kesalahan 1,99 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (bn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here