LIPSUS: Sukses Jalankan Pengawasan di Internal, Bupati Irfendi Arbi Terima Kapabilitas APIP LEVEL 3

Bupati Irfendi Arbi dipenghujung jabatannya sukses raih penghargaan lagi

SUMBARTIME.COM-Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota kembali menunjukan kebolehannya. Kali ini daerah yang dipimpin Bupati Irfendi Arbi itu berbangga atas prestasinya dalam pencapaian Kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) LEVEL 3.

Kado terindah di penghujung masa kepemimpinan Irfendi Abi dari Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Republik Indonesia itu diserahkan Kepala BPKP RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro di pendopo rumah dinas bupati di Labuah Basilang Payakumbuh, Selasa (17/11/2020).

Iklan

Sejumlah pihak mengapresiasi Irfendi Arbi yang tak pernah sepi dari penghargaan bergengsi. Mereka berharap berbagai prestasi luar biasa itu diwarisi oleh pemimpin daerah ini ke depannya. 

Sebelumnya Kepala BPKP Perwakilan Sumbar Buyung Wiromo Samudro menyebut, perolehan Kapabilitas APIP LEVEL 3 ini, membuktikan Inspektorat Kabupaten Limapuluh Kota sudah mempunyai proses dan pelaporan yang baik. Ia menyarankan ke depannya Pemkab Limapuluh Kota terus meningkatkan kualitas auditornya agar level yang diraih ini terus dipertahankan dan tidak turun lagi ke level bawah.

Buyung juga berharap, Kapabilitas APIP LEVEL 3 yang diraih ini, diwarisi oleh pemimpin Kabupaten Limapuluh Kota periode berikutnya  secara sistemik atau terus menerus pada tahun-tahun mendatang. 

Bupati Irfendi Arbi usai menerima kado terindah dipenghujung masa kepemimpinannya itu mengaku, sangat gembira dan bangga daerah ini mampu meraih Kapabilitas APIP LEVEL 3. Diakuinya, prestasi ini jelas tidak terlepas dari komitmen dan upaya inspektorat dan pemerintah daerah dalam peningkatan tata kelola pembangunan dan keuangan.

“Alhamdulillah, kita sukses meraih Kapabilitas APIP LEVEL 3. Berarti inspektorat kita telah mampu melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas, dan ekonomis terhadap suatu kegiatan,” tutur Irfendi. 

Menurut Irfendi, prestasi itu tentu melewati usaha keras jajajaran Inspektorat dan komitmen Pemkab Limapuluh Kota, serta berkat bimbingan BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Barat. Ia mengingatkan para anak buahnya agar tidak cepat puas dengan capaian ini. Melainkan harus menjadi cambuk untuk lebih baik lagi ke depannya. 

“Ini tentunya juga berkat bimbingan BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Barat. Kita berharap BPKP tetap mengawal dan membimbing setiap kegiatan Pemkab Limapuluh Kota. Saya berharap ini menjadi cambuk untuk mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi ini pada tahun berikutnya,” ujar Irfendi. 

Buat mempertahankan predikat gemilang ini,  Irfendi juga berharap dalam formasi penerimaan CPNS berikutnya Pemkab Limapuluh Kota bisa merekrut sejumlah auditor serta memperbanyak kegiatan pelatihan-pelatihan bagi ASN yang ada. 

Terpisah Wali Nagari Batu Balang Dasril Sofiadi mengacungi jempol buat Bupati Irfendi Arbi dan jajajaran Inspektorat di daerah ini. Menurutnya Kapabilitas APIP LEVEL 3 itu merupakan predikat membanggakan terkait dengan kinerja aparatur pengawasan keuangan daerah. 

“Hebat, kami sangat bangga dengan perolehan Kapabilitas APIP LEVEL 3 tersebut. Ini menunjukan Pemkab Limapuluh Kota telah melaksanakan tugas dengan baik dan profesional,” ungkap Dasril semberi menyebut ini menjadi salah satu kado yang sangat indah dari Bupati Irfendi Arbi untuk Kabupaten Limapuluh Kota.

Sementara M Azis salah seorang pengurus Gonjong Limo Bandung mengucapkan terima kasih kepada pengawas keuangan di Kabupaten Limapuluh Kota yang telah memberikan bukti kinerjanya kepada masyarakat. Menurutnya, prestasi terbaik dalam pengawasan keuangan daerah jelas tidak terlepas dari kerja keras, kegigihan dan komitmen Bupati Irfendi Arbi.

“Prestasi itu juga menunjukan komitmen dan kerja keras bupati demi terwujudnya peningkatan tata kelola pembangunan dan keuangan kampung halaman kita,” tutur tokoh perantau itu. 

Senada, Wali Nagari Gunung Malintang  Wido Putra juga mengucapkan kata syukur atas raihan Kapabilitas APIP LEVEL 3 tersebut. Diakuinya,  selama ini pemkab sudah cukup banyak mendulang prestasi tingkat nasional. 

“Alhamdulillah, ini merupakan prestasi hebat Kabupaten Limapuluh Kota.  Apa yang sudah digapai ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan oleh pemimpin daerah ini secara estapet ke depannya,” ucap Wido.

Ikut hadir dalam kesempatan itu, Sekdakab Limapuluh Kota Widya Putra,  S.Sos, M.Si, Inspektur Kabupaten Limapuluh Kota Suherman, SE dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here