Sempat Terjebak Saat Bukit Ngalau Panjang Terbakar, 5 Pendaki Payakumbuh Berhasil Dievakuasi

kawasan bukit ngalau panjang yang terbakar

SUMBARTIME.COM-Lima orang pendaki berusia belasan tahun yang sempat terjebak dalam peristiwa kebakaran Bukit Panjang Ngalau di Kawasan Payolansek, By Pass, Kota Payakumbuh, berhasil di evakuasi pada Sabtu (10/10) malam.

Masing masing pendaki yang terbagi dalam dua rombongan saat melakukan aktifitas camping di kawasan Bukit Panjang Ngalau berhasil diselamatkan oleh Tim gabungan dari Damkar Kota Payakumbuh yang dibantu oleh personil Satpol Pol PP, PMI, serta masyarakat, sekira pukul 19.30 WIB, hingga 21.30 WIB.

Iklan

Saat ini kelima pendaki yang masih berstatus pelajar itu masing masing, Bintang Ramadhan (17), Ganda (17, Rezi (17) warga Tanjung Gadang, serta Romi Saputra (16) dan Fadli (15) warga Payolansek, dalam kondisi selamat dan baik baik saja.

Seperti diketahui, pada Sabtu 10 Oktober 2020, sore menjelang malam, sekira pukul 18.20 WIB, terlihat muncul titik api dari atas Bukit Ngalau Panjang.

Kepala Satpol PP dan damkar Kota Payakumbuh Davitra, membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. Menurutnya, titik api dari atas api terlihat dari kejauhan. Namun saat petugas Damkar Payakumbuh datang ke lokasi, titik api cukup jauh dan tidak terjangkau oleh selang mobil pemadam.

Namun untuk mengantisipasi api tidak semakin membesar dan menjalar, petugas telah siap siaga bersama seluruh armada di sekitarn kaki bukit. Diketahui menurutnya lagi, diperkirakan lahan bukit yang terbakar tersebut merupakan tumbuhan berupa semak belukar dan poepohonan.

Mengenai penyebab kebakaran, pihaknya belum bisa memastikan dari mana datangnya sumber api, tutur Devitra mengatakan. (rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here