SEBANYAK 216 ORANG WARGA SOLOK AKAN IKUTI TES TARUNA POLRI

Polisi Kota Terlihat Sedang melayani Pendaftaran Taruna Polri

SUMBARTIME.COM-Sampai hari terakhir penerimaan pendaftaran calon taruna Polri yang dilaksanakan oleh Polres Solok Kota, sebanyak 216 orang masyarakat yang berasal dari kota dan kabupaten Solok telah tercatat sebagai peserta yang telah memenuhi persyaratan administrasi.

Sebanyak 15 orang yang terdiri dari 13 Pria dan 2 wanita mendaftar untuk mengikuti tes Akpol, 188 orang yang terdiri dari 158 Pria dan 30 wanita mendaftar untuk tes Bintara Tugas Umum (BTU), dan  sebanyak 12 orang yang terdiri dari laki laki mendaftar untuk mengikuti tes Tamtama.

Iklan

Kapolres Solok Kota, AKBP Dony Setiawan melalui Waka Polres Solok Kota, Kompol Sumintak menerangkan, penerimaan calon taruna telah dibuka sejak 26 Maret 2018 lalu hingga 11 April 2018, sementara itu untuk melengkapi administrasi diberi kesempatan hingga jam 12.00 Wib  pada hari Kamis 12 April 2018.

Pada  umumnya para pendaftar berasal dari tamatan  SMA, SMK, MA, dan sederajat, dan mereka merupakan warga kota dan kabupaten Solok, dalam pelaksanaanya, pihak Polres Solok Kota tidak memungut biaya untuk pendaftaran tersebut alias dibuka secara gratis untuk masyarakat.

Mereka yang telah terdaftar dan telah melengkapi administrasinya akan segera dikirim ke Polda Sumbar pada Minggu 15 April 2018 untuk mengikuti proses selanjutnya, namun sebelumnya para calon taruna itu akan diundang bersama orang tuanya ke Mapolres Solok Kota untuk mendengarkan arahan yang akan disampaikan lansung oleh Kapolres Solok Kota didalam sebuah upacara  pada Jumat 13 April 2018, di lapangan upacara Mapolres Solok Kota.

Lebih jauh Waka Polres Solok Kota menyampaikan, untuk menghilangkan asumsi miring dari masyarakat yang berkembang selama ini, terkait dengan penerimaan anggota Polri tersebut, pendaftaran dilakukan secara terbuka dan  transparan, dan masyarakat yang berminat juga bisa mendaftar lansung secar Online, sementara itu untuk pelaksanaannya pihak kepolisian setempat juga melibatkan perwakilan dari independen dan pemerintah daerah setempat.

” Kami tidak sendiri, kami juga ditemani oleh Drs.Raunis, ketua Forum Komunitas Wartawan Solok (F-Kuwas) yang merupakan panitia penerimaan dari independen, beserta perwakilan dari pemerintah daerah setempat yang diwakili oleh dinas pendidikan kota Solok ” ungkap Kompol Sumintak.

Melengkapi keterangan yang disampaikannya itu, orang nomor dua dijajaran Polres Solok Kota itu juga mengatakan, dalam upaya untuk mempermudah calon pendaftar atau calon peserta dalam melaksanakan pendaftaran dan seleksi yang akan dilakukan itu, sebelumnya pihak Polres Solok Kota juga telah memberikan bimbingan dan pelatihan (Binlat) pada mereka yang akan me jadi calon pendaftar.

Sementara itu kepada Sumbartime.com Drs.Raunis mengatakan, selama proses pendaftaran dilakukan, kegiatan berjalan lancar dan aman, semua ketentuan dan aturan yang ada, diberikan secara merata dan adil kepada semua calon peserta tampa membedakan latar belakang dari mereka.

Adapun persyaratan yang harus mereka penuhi dalam mendaftarkan diri sebagai calon peserta antara lain adalah, seperti registrasi online, KTP,  KK, Akte kelahiran, ,Ijazah,  SKCK, Domisili, SKBS dan Sket Bebas Narkoba, setifikat bila ada, dan pas photo, serta catatan tinggi dan berat badan calon peserta.

” Alhamdullah.. tugas kami sebagai penerima pendaftaran calon peserta yang akan mengikuti tes untuk menjadi Taruna Polri telah selesai, dan untuk selanjutnya akan dilakukan oleh pihak Polda Sumbar ” ungkap ketua F- Kuwas yang akrab disapa dengan panggilan Roni Natase tersebut. (Gia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here