Polda Sumbar Bongkar Praktik Pembuatan Buku Nikah Palsu

Buku nikah palsu yang dibongkar Polda Sumbar

SUMBARTIME.COM-Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Sumbar menangkap dua orang pelaku pembuatan buku nikah palsu di Kota Padang.

Kedua orang tersebut, masing masing berinisial RS (42) dan ASW (53) ditangkap seminggu yang lalu di kawasan Muaro Panjalaninan, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang papar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumbar Kombes Pol Erdi Adrimurlan Chaniago kepada wartawan di Mapolda Sumbar saat rilise pers, Kamis (12/04).

Iklan

Aksi kedua tersangka pembuat buku nikah palsu tersebut terbongkar berawal dari laporan salah seorang istri yang mengaku suaminya menikah lagi. Selanjutnya polisi melakukan penyelidikan dan ditenggarai adanya pembuatan buku nikah palsu.

Dari hasil pendalaman mengarah kepada dua nama pelaku tersebut. Saat diamankan dan di intrograsi terungkap para tersangka mengaku telah beroperasi kurang lebih selama 4 bulan. Dalam kurun waktu tersebut, para pelaku telah mencetak sebanyak ratusan buku nikah palsu baik warna hijau dan coklat.

Dalam penangkapan disita barang bukti berjumlah 140 buku nikah kosong dan dua buku nikah yang terdapat kutipan akta nikah dengan nomor 078/04/IV/2018 serta 078/04/IV/2018. Selain itu, lima buku nikah yang sudah ditulis dan dua lembar surat pernyataan nikah.

Diduga ada ratusan calon pasangan pengantin yang akan menikah dalam bentuk-bentuk dokumen foto yang  diamankan, papar Kombes Erdi lagi. Adapun modus yang mereka lakukan adalah dengan memakai jaringan dan mempromosikan kepada para calon pasangan yang hendak menikah dengan pembuatan cepat buku nikah dengan biaya hanya Rp 150 Ribu. (tim)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here