Sebagai Salah Satu Mitra Pemerintah, IWO Luhak Limopuluah Akan Segera Berkirim Surat Kepada DPRD Payakumbuh

Sumbartime-Ikatan Wartawan Online (IWO) Luhak Limopuluah, dalam waktu dekat ini berencana akan segera menyurati pihak DPRD Kota Payakumbuh, dalam rangka bisa melakukan hearing atau dengar pendapat dengan para wakil rakyat tersebut.

Hal itu dikatakan oleh Ketua IWO Luhak Limopuluah, Rino Chadra kepada awak media, Kamis (11/01) malam. Kepada Sumbartime.com, yang bersangkutan mengatakan pihaknya dalam waktu dekat ini akan segera menyurati pihak DPRD Payakumbuh, untuk bisa melakukan hearing atau diskusi dengar pendapat terkait perkembangan media online yang cukup pesat khususnya di Wilayah Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Iklan

Dalam perkembangannya, menurut Rino lagi, media online ini, perkembangannya sangat pesat dan luar biasa. Saat ini publik bisa dengan mudah mengakses situs situs pemberitaan baik berskala, lokal, Nasional, maupun Dunia, ujarnya.

Hanya butuh beberapa detik, para user pungguna ponsel pintar, sudah bisa berselancarm memilih beragam informasi sesuai dari kebutuhan masing masing. Namun tentu dampak negatif dari maraknya situs situs berita yang berbasis online yang kini sedang berkembang dan menjamur pasti ada, tambahnya lagi.

Salah satu dampak negatif dari berkembangnya situs berita berbasis online adalah mulai maraknya media media online abal abal yang tak jelas sumber data serta alamatnya, dan juga tidak berbadan hukum serta tidak mempunyai legalitas yang dikeluarkan oleh Kemenkum HAM, seperti yang diamanatkan oleh Undang Undang Pokok Pers nomor 40 Tahun 1999, pasal 9, ayat 2.

Sehingga di dalam pemberitaan dari media abal abal tersebut, sering ditemukan informasi informasi yang berbau hook, tanpa mengikuti kode jurnalistik sehingga pemberitaannya dinilai telah merugikan pihak atau objek dari pemberitaan tersebut.

Untuk itu, Dalam rangka menjaga produk produk berita yang bisa dipertanggung jawabkan, maka IWO sebagai salah satu wadah panguyuban bagi media online, siap melakukan diskusi dengan para Wakil Rakyat yang ada di DPRD Payakumbuh, seputar perkembangan media online tersebut.

Sementara itu, disamping mendiskusikan seputar seluk beluk dan perkembangan media online, IWO sebagai salah satu bagian dari pilar ke IV Bangsa, siap bermitra dan bekerja sama, dalam bentuk menginformasikan segala kegiatan yang ada di Sekretariat DPRD Payakumbuh, maupun kunjungan kunjungan kerja yang berkaitan dengan tugas para Anggota DPRD kepada publik secara luas, pungkas Rino Chandra mengatakan. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here