SD PLUS MUHAMMADIYAH PAYAKUMBUH (Bring You to The Bright Future)@ By: Ali Anhar Dt. Lelo Nan Panjang, S.Pd

SD PLUS MUHAMMADIYAH PAYAKUMBUH

SUMBARTIME.COM-SD Plus Muhammadiyah Payakumbuh terletak dipusat Kota Payakumbuh, letaknya yang begitu strategis sehingga bisa diakses darimanapun. Beralamat dijalan Veteran nomor 53 Kelurahan Kapalo Koto Dibalai (Bunian). SD Plus Muhammadiyah Payakumbuh sekolah yang menerapkan konsep sekolah Fullday Shcool, pembelajaran dimulai dari jam 07.00 Wib sampai jam 16.00 Wib dengan menjalankan Kurikulum Nasional (kurikulum 2006, dan kurikulum 2013), serta kurikulum Muhammadiyah (kurikulum sekolah).

Iklan
Loading...

Visi sekolah ini Terwujudnya peserta didik  yang Berakhlak Mulia, Cerdas, Terampil, Berbudaya dan Berwawasan Global, untukmewujudkan Visi sekolah tersebut banyak program unggulan/program kreatif yang dilaksanakan disekolah yang semuanya beralaskan dari minat bakat seluruh siswa.

Diantara program unggulan tersebut, tahfidz juz 29-30, seni baca alqur’an (SBA), wajib pintar mengaji, kepanduan Hizbul Wathan (HW), pencak silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah, pidato 3 bahasa, olahraga, kesenian, puasa sunat senin kamis dan program minat bakat siswa lainnya.

Alhamdulillah, dengan selalu konsisten dalam melaksanakan kegiatan beberapa prestasi diraih siswa SD Plus Muhammadiyah Payakumbuh, mulai dari prestasi tingkat kecamatan, kota, provinsi, nasional, dan sampai ketingkat Internasional.

Dari  tahun 2017 diantara prestasi yang diraih, peraih 6 Medali International Super Camp, Peraih 2 Medali OlympiCAD tingkat nasional, Juara 1 Adzan tingkat nasional, Juara Harapan 3 MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Juara 1 Lomba MTQ Tingkat Kota Payakumbuh, Juara 1 Lomba Tahfidz Tingkat Kota Payakumbuh, Juara 3 lomba pidato tingkat kab. Lima Puluh Kota, dan juara perlombaan lain tingkat kota/kecamatan.

Setiap pagi seluruh siswa disambut oleh guru-gurunnya didepan gerbang sekolah dengan penuh kehangatan serta dalam pembelajaran semua siswa merasa nyaman dan senang mengikuti pembelajaran, karena seluruh siswa di didik, dibina, dan diayomi sepenuh hati oleh semua guru-gurunya.

Proses demi proses berlangsung disekolah ini dalam membentuk karakter atau kebiasaan siswa, mulai dari datang kesekolah sudah ditanamkan sikap saling menghargai, selepas itu anak ditanamkan kebiasaan sebelum memulai pekerjaan dengan terlebih dahulu membaca ayat-ayat suci alqur’an (mengaji), tidak hanya sampai disitu saja setiap hari anak-anak ditanamkan untuk selalu melaksanakan shalat berjamaah, dimulai dari shalat sunat Dhuha, Shalat Zuhur, dan Shalat Ashar.

Dengan kigiatan pembiasaan seperti ini, kelak nanti seluruh siswa kita akan terbiasa melakukannya, dimanapun mereka berada insha Allah mereka akan selalu melakukan kegiatan yang mulia tersebut.

SD Plus Muhammadiyah Payakumbuh tidak hanya melaksanakan kegiatan disekolah saja, ada beberapa kegiatan/program yang dilaksanakan diluar sekolah seperti, MABIT (Malam Bimbingan Taqwa) yang dilaksanakan disetiap akhir pekan dimasjid yang berada dikota Payakumbuh, kegiatan Mabit ini seluruh anak bermalam dimasjid dengan melaksanakan kegiatan ibadah, tadarus, hafalan qur’an, dan kegiatan ibadah malam lainnya (muhasabah dan tahjjud).

Selain kegiatan Mabit ini yang dilaksanakan dimasjid-masjid, kegiatan berbuka puasa sunat juga senantiasa dilakukan oleh siswa-siswi SD Plus Muhammadiyah Payakumbuh, setiap hari Senin dan Kamis seluruh siswa melaksakan puasa sunat, dan untuk berbukanya dilaksanakan bersama jamaah masjid lainnya. Selain itu kegiatan diluar sekolah lainnya berupa Camping/Out Bond, Sepeda Santai, dan tadabur alam.

Dalam rangka meningkatkan mutu dan kwalitas sekolah, SD Plus Muhammadiyah Payakumbuh selalu memberikan yang terbaik kepada setiap siswa yang berprestasi berupa memberikan Bea Siswa Prestasi untuk memberikan motifasi untuk selalu bisa menjadi yang terbaik. Selain itu sekolah juga senantiasa meberikan bantuan kepada setiap anak yang kurang mampu berupa subsidi biaya pendidikan sekolah 50%.

Selain itu SD Plus Muhammadiyah Payakumbuh juga memberikan bantuan biaya pendidikan kepada anak yatim/piatu dengan Gratis Uang Pendidikan Sampai Tamat sekolah. Tujuan  dari pemberian bantuan ini, supaya setiap anak bisa mendapatkan pendidikan yang berbasis islam yang layak dan berkwalitas.

Transformasi pendidikan SD Plus Muhammadiyah Payakumbuh tidak hanya dalam peningkatan mutu dan pelayanan saja, SD Plus Muhammadiyah sedang dan terus berbenah sarana dan prasarana pendidikannya, saat ini sedang dibangun beberapa Ruang Kelas Baru (RKB), dan pemugaran beberapa bangunan yang sudah berusia tua diganti dengan bangunan baru. Bertujuan untuk tercapainya standar sarana dan prasarana yang layak, aman, nyaman dan modren.*

*Penulis adalah Kepala Sekolah SD PLus Muhammaduyah Payakumbuh

Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here