Riza Falepi : Beberapa Waktu Kedepan PDAM Payakumbuh Akan Olah Air Batang Agam Sebagai Pasokan Utama Sumber Air Bersih

Aliran Batang Agam (dok foto dari internet)

SumbartimePayakumbuh-Dalam beberpa waktu kedepan, PDAM Payakumbuh akan mengurangi ketergantungan terhadap sumber mata air Batang Tabik sebagai sumber utama pasokan air bersihnya.

Hal itu dikatakan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Sabtu (24/03) siang di sela sela menghadiri peresmian rumah dakwah milik Catur Virgo di pusat Kota payakumbuh.

Iklan

Menurut orang nomor satu di Pemko Payakumbuh itu, saat sekarang ini PDAM sebagai salah satu perusahaan daerah yang dimiliki, kedepannya akan berusaha melakukan pengolahan air Batang Agam yang dipusatkan di Kawasan Tanjung Pauh- Sungai Pinago, Payakumbuh Barat.

Dijelaskan PDAM Payakumbuh akan menawarkan langkah solusi yang inovatif yakni mengambil sumber air dari Batang Agam untuk difilter secara teknologi sehingga menjadi air layak minum. Uah atersebut sudah mulai berjalan dengan semakin intensnya Wako bersama jajaran Dinas PUPR dan Direktur PDAM Kota Payakumbuh melakukan kajian kajian terkait rencana pengolahan air Batang Agam sebagi pasokan utama sumber air bersih.

Menurut Riza Falepi, langkah itu diambil demi bisa memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota, ujarnya. Sementara saat ini pasokan sumber air bersih yang dimiliki oleh PDAM sudah tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan fital masyarakat.

Diakui jika saat ini kapasitas air bersih yang dimiliki oleh PDAM hanya untuk 10 ribu pelanggan. Namun pada kenyataannya, di Kota Payakumbuh saat ini, tercatat ada 30 ribu lebih pelanggan yang membutuhkan pasokan air bersih.

Akibat tidak terpenuhi serta kedodorannya PDAM dalam memenuhi permintaan pelanggan, banyak keluhan yang masuk kepada perusahaan daerah tersebut. Untuk itu solusi yang paling tepat menurut Riza Falepi, Pemko harus segera melakukan upaya Inovatif memaksimalkan air Batang Agam sebagai salah satu pasokan utama air bersih untuk warga kota, paparnya. (aa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here