Perang Terhadap Peredaran Ponsel Ilegal dan Narkotika di Kamar Napi, Lapas Payakumbuh Lakukan Penggeledahan

pegawai dibantu petugas terlihat menggeledah kamar napi di Laps IIB Payakumbuh

SUMBARTIME.COM-Suasana Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Payakumbuh pada Kamis (23/9) pagi, terlihat berbeda pada hari hari sebelumnya.

Terlihat puluhan pegawai lapas memasuki blok sel tahanan para napi dan melakukan pemeriksaan serta penggeladahan barang barang milik para penghuninya.

Iklan

Selain para pegawai Lapas, juga terlihat beberapa petugas dari BNN Kota Payakumbuh juga ikut masuk dan melakukan penggeledahan kamar kamar sel penjara.

Baca Juga : Respon Cepat, Polres Payakumbuh Amankan 36 Unit Sepeda Motor Aksi Balap Liar

Sementara sebagian pegawai Lapas lainnya dengan ditemani petugas BNN juga terlihat memeriksa serta menggeledah satu persatu para napi tahanan. Sepertinya para pegawai lapas serta petugas BNN sedang mencari sesuatu yang terkait dengan barang haram narkoba.

Benar saja, usai keluar dari bilik bilik kamar napi, terlihat beberapa petugas membawa dan mengamankan beberapa ponsel yang diduga milik para tahanan.

Lihat Juga Video : Simak Kisah Cabiak yang Terjebak Di Dunia Komedi Minang

Kegiatan yang berbeda pada Kamis pagi tersebut dibenarkan oleh Kepala Lapas Kelas IIB Payakumbuh Muhammad Kameily. Menurutnya, kegiatan penyusuran satu persatu kamar penghuni serta penggeladahan terhadap para napi dengan dibantu pihak BNN Payakumbuh adalah dalam rangka mewujudkan Lapas Payakumbuh sebagai lapas bebas peredaran gelap narkotika dan alat komunikasi ilegal, ungkapnya.

Lebih jauh Muhammad Kameily menjelaskan bahwa kegiatan perang terhadap alat komunikasi Ilegal/Zero Handphone, tersebut akan rutin dilakukan secara berkala agar lapasnya benar benar bersih dari ponsel ilegal serta alat alat narkotika, terangnya.

Selain meelakukan penyusuran dan penggeledahan di kamar kamar napi, dirinya juga menyebutkan Lapas juga melakukan pemeriksaan tes urine secara mendadak terhadap pegawai dengan menggandeng pihak BNN, tutup Muhammad Kameily.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Payakumbuh M. Febrian Jufri, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Lapas Kelas IIB Payakumbuh tersebut.

Menurutnya Lapas menjadi salah satu titik rawan adanya peredaran gelap narkotika. Untuk itu, perlunya sinergitas dan kolaborasi berkesinambungan antara BNN dengan Lapas sehingga dapat melakukan upaya deteksi dini adanya peredaran gelap narkotika baik di dalam maupun luar Lapas, tuturnya mengatakan. (rd)

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Payakumbuh melakukan kegiatan deklarasi perang terhadap alat Komunikasi Ilegal/Zero Handphone, Kamis (23/9) pagi.

Menurut Kepala Lapas Payakumbuh, Muhamad Kameily, A.Md.IP, SH., MH, kepada awak media menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan untuk upaya mewujudkan Lapas Payakumbuh sebagai lapas bebas peredaran gelap narkotika dan alat komunikasi ilegal, ungkapnya.

Dalam kegiatan itu, Lapas Kelas IIB Payakumbuh juga menggandeng BNN Kota Payakumbuh untuk melakukan serangkaian pemeriksaan tes urine bagi pegawai lapas, tambahnya lagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here