Pemko Solok Luncurkan E-Warong

Sumbartime-Walikota Solok,  Zul Elfian. SH. Msi,  membuka secara resmi Peluncuran Layanan Eletronik Warung Gotong royong (E-Warong ) Kube Jasa, Jumat 27 Oktober 2017, di Telaga Biruhun, Simpang Rumbio,kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok.

Acara yang dikemas oleh Dinas Sosial Kota Solok itu,  turut dihadiri oleh OPD terkait dipemerintahan kota Solok,  perwakilan dari Bank BRI Solok,  serta masyarakat daerah setempat dan sekitarnya.

Iklan

Disela kegiatan itu,  kepala Dinas Sosial kota Solok, Dra. Rosavela Yohariza, MM, mengatakan,  E-Warong merupakan prodak dari Kementrian Sosial RI yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi yang berkaitan dengan penggunaan mata uang.

Dalam  melaksanakan prodak yang telah diluncurkan itu Kementrian Sosial RI bekerja sama dengan Himpunan Bank Negara (Himbara)  yang terdiri dari Bank BRI, Mandiri,  BNI, dan Bank negara lainnya, dan khususnya  untuk daerah Sumatera Barat,  pelaksanaan program E-Warong  pemerintah daerah  bergandeng tangan dengan Bank BRI setempat.

Diluncurkannya program E-Warong ketengah tengah masyarakat secara nasional,  adalah dengan sasaran yang ditujukan kepada para perempuan khususnya kepada para lansia. Dengan alat transaksi atau yang sebut dengan nama E-Canel yang disediakan oleh Bank BRI, transaksi jenis apapun bisa dilakukan di E-Warong Kube Jasa.

Jumlah E-Warong Kube Jasa yang akan tersedia di tiap tiap daerah tingkat dua yang ada,  ditentukan lansung oleh Kementria Sosial RI, dan hal tersebut berdasarkan jumlah masyarakat dan kebutuhannya yang disampaikan oleh dinas Sosial setempat.

” Untuk kota Solok Kementrian Sosial RI telah mengalokasi sebanyak 5 E-Warong Kube Jasa, namun sampai saat ini baru 3 E-Warong yang sudah mendapatkan penyaluran dana, dan salah satunya E-Warong Kube Jasa Simpro Sejahtera Kota Solok” ungkap Kadis Sosial Kota Solok.

Sementara itu dalam kesempatannya disaat membuka peluncuran E-Warong di kota Solok,  Walikota Solok mengakui bahwa prodak yang telah diluncurkan oleh Kementrian Sosial RI itu,  merupakan sebuah program yang multi guna, yang wajib dengan segera disosialisasikan  kepada masyarakat.

Diterangkannya,  program ini juga merupakan kerjasama yang melibatkan pemerintah, BUMN,  dan masyarakat daerah setempat sebagai pelaku utamanya. Seperti hal nya,  didalam program yang ada,  pihak BUMN bertanggung jawab sebagai penyalur dana dan penyedia sarana seperti E-KTP Canel.

Sementra itu  gotong royong yang dimaksud dalam program ini adalah pengelolaan yang dilakukan lansung oleh masyarakat yang bertugas sebagai agen Brilink atau pelayan dalam transaksi yang dilakukan oleh masyarakat lainnya.

Lebih jauh walikota Solok menyampaikan, E-Warong juga akan dipergunakan untuk menyalurkan setiap bantuan kemasyarakatan yang diberikan oleh pemerintah, dan dalam penyaluran itu tidak akan ada pemotongan apapun, dan selain itu di E-Warong Kube Jasa juga bisa melakukan transaksi tunai atau penarikan tunai.

Masyarakat yang lanjut usia,  kurang mampu mayaoritas perempuan,  tujuan agar trabsaksi tercatat dannlansung berfungsi sebagai agen brilink, selain bisa transaksi tinainutk kebutuhan harian bisa untuk trannsfre tunai dan tarik tunai, papar walikota Solok.

Dari liputan,  dalam kegiatan itu walikota Solok juga menyumbangkan satu unit kendaraan roda dua untuk kendaraan operasional agen Brilink E-Warong Kube Jasa Simpro Sejahtera,  dan untuk E-Warong lainnya akan menyusul bantuan serupa yang akan diberikan oleh pihak BUMN setempat,  papar Zul Elfian,SH.Msi. (Gia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here