PEMKO SOLOK KEMBALI MENUAI PRESTASI

FOTO BERSAMA DENGAN BPK RI

LIPSUS-Untuk yang kedua kalinya pemerintah kota (Pemko) Solok, dibawah kepemimpinan walikota Zul Elfian dan wakil walikota Ir.Reineir menerima penghargaan Opini Tampa Pengecualian (WTP) dari pemerintah pusat, penghargaan bergensi  yang telah didapatkan secara berturut turut itu diserahkan lansung oleh kepala badan pemeriksaan keuangan (BPK) RI perwakilan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) , Pemut Aryo Wibowo, Jumat 20 April 2018, di kantor BPK RI Padang.

Kembalinya pemerintah kota Solok menerima opini WTP itu adalah berdasarkan laporan hasil pemeriksaan  (LHP)  atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) kota Solok tahun 2017, yang telah diperiksa oleh BPK RI perwakilan Sumbar, serta telah disampaikan hasilnya dan diserahkan kepada Pemko Solok.

Iklan

 

Ketua DPRD Kota Solok saat menerima LHP dari Kepala BPK RI perwakilan Sumbar

Saat menerima LHP itu, walikota Solok didampingi oleh ketua DPRD setempat, Yutris Can, san ikut pada saat itu, Inpekstrur Irawadi,  Kepala BKD Pemko Solok,Harlidiryo, Kepala Kantor Kesbangpol, Drs. Fidlywendi, Kabag Humas dan Protokol sekretariat daerah kota Solok,  Nurzal Gustim, serta TIm BKD dan Inspektorat.

Dalam kesempatannya itu kepala BPK RI perwakilan Sumbar mengatakan, opini WTP dapat diberikan stelah melalui penilaian tentang informasi kewajaran pada laporan keuangan pemerintah yang ada, dan untuk mendapatkan opini WTP tersebut harus memenuhi empat kriteria yang telah ditetapkan oleh BPK RI.

Walikota Solok Saat Menerima LHP dari Kepala BPK RI perwakilan Sumbar

Diantara lain kriteria yang telah ditetapkan  itu adalah, kesesuaian dengan standar akutansi pemerintah, efektivitas penilaian internal, kecukupan pengungkapan informasi, dan kepatuhan pada peraturan perundang undangan.

Lebih jauh Pemut Aryo Wibowo menerangkan, laporan keuangan yang disampaikan oleh setiap pemerintah yang ada kepada BPK RI , adalah tugas wajib yang harus dilakukan, karena hal tersebut merupakan amanat dari undang undang yang harus dipenuhi, dan selamat bagi pemerintah daerah yang telah mampu menempatkan dirinya dikelompok pemerintah sebagai penerima opini WTP.

” Satu daerah telah mampu mendapat opini WTP dua kali secara berturut turut, dan itu merupakan prestasi yang sangat luar biasa,  semoga pemerintah daerah kota Solok mampu untuk mempertahankannya ” tutur kepala BPK RI perwakilan Sumbar mengakhiri.

Sementara itu walikota Solok dalam paparannya mengatakan, untuk kedepannya pemerintah daerah yang dipimpinnya itu akan berbuat yang lebih baik lagi, dan opini WTP yang telah  didapatkannya itu, merupakan bukti keseriusan pemerintah daerah dalam mematuhi aturan dan perundang undangan yang ada dan berlaku.

Disela kesempatannya itu, walikota yang terkenal dengan keramahannya tersebut juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPK RI perwakilan Sumbar yang telah melakulan pemeriksaan terhadap LKPD Pemko Solok tahun 2017, dan dikatakannya, kesuksesan itu tidak terlepas dari upaya keras yang telah dilakulan oleh seluruh stakehokder yang ada, serta dukungan serius yang telah diberikan oleh lembaga legislatif setempat.

” Penghargaan ini merupakan sebuah kehormatan yang wajib untuk dipertahankan, dan terimakaaih ataa dukungan yang telah diberikan oleh ketua DPRD kota Solok beserta jajarannya ” ungkap walikota Solok seraya melemparkan senyum kepada Yutris Can yang juga hadir pada kesempatan itu.

Rasa bangga dan kegembiraan juga diungkapkan oleh ketua DPRD kota Solok pada saat itu,  dikatakannya, dalam mencapai hasil yang maksimal dari suatu pekerjaan, tidak akan terlepas dari disiplin yang telah diterapkan oleh pimpinan daerah yang ada, dan atas nama masyarakat kota Solok, Yutris Can mengucapkan terima kasih kepada walikota Solok dan jajaran, karena telah mampu memberikan yang terbaik kepada daerah dan masyarakat yang telah memberi amanah. (Gia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here