Pemko Solok Dan Kejari Tandatangani Nota Kesepakatan Bersama

Kota Solok.suabartime – Kejaksaan Negeri akan lakukan legal audit terhadap pengelolaan keuangan negara oleh pemerintah daerah, dan semoga ini dipandang sebagai hal yang positif, kata Kajari Solok, Andi Metrawijaya, sebelum melakukan penanda tanganan nota kesepakatan bersama dengan walikota Solok, H.Zul Elfian Umar, Selasa, 22 November 2022, di Aula kantor tersebut.

Kesepakatan yang ditanda tangani itu adalah dalam mengimplementasikan UU No 11 tahun 2021 junto UU Nomor 16 Tahun 2004 serta peraturan kejaksaan nomor 7 Tahun 2021, dalam hal itu, Kejaksaan melakulan legal audit dalam mendampingi kebijakan kepala daerah terkait pengelolaan keuangan negara.

Turut hadir pada saat itu, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Nova Elfino, Inspektur Kota Solok, Kenfilka,SH, Kabag Hukum Edrizal, SH, Edrizal, Kabag Prokomp, Nurzal Gustim,SSTP,M.Si.

Andi Metrawijaya menerangkan, negara melalui undang undang tersebut memberikan kewenangan kepada Kejaksaan untuk melakukan pengawalan terhadap kebijakan kepala daerah dalam melakukan pengelolaan keuangan.

Tugas pokok, wewenang, dan fungsi Kejaksaan dibidang Perdata dan Tata Usaha Negara itu, akan dilakukan oleh Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri, dan dengan telah ditandatanganinya kesepakatan bersama itu, akan dijadikan payung hukum untuk kegiatan lebih lanjut.

Sementara itu H.Zul Elfian Umar mengatakan, kesepakatan bersama itu akan memberikan dampak yang sangat baik terhadap pertumbuhan kota Solok kedepan, karena hal tersebut laju pembangunan akan berjalan maksimal dan aset negara akan terselamatkan.

Pemerintah kota Solok berharap kerjasama sama ini terus berlanjut pada bidang lainnya, dan jelas upaya ini akan membantu, terutama dalam permasalahan hukum Perdata dan Tata Usaha Negara, imbuh walikota Solok.** Ega

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here