Musabaqoh Hifdzil Qur’an Ke – 1 AWR: SDM Kita Tingkatkan Dari 3 Sisi, Agama, Adat Istiadat Dan Sisi Intenasional

Agam, Sumbartime.com,- Bupati Agam membuka langsung Lomba Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) ke 1 yang dipusatkan di Kecamatan Ampek Angkek nagari ampang gadang, jorong Parit putus kabupaten Agam, dengan 3 kategori yang diperlombakan, yaitu lomba kategori hafiz 3 juz, 5 juz dan 7 juz.

Ini adalah yang pertama kali di Kabupaten Agam kita mengadakan lomba antar rumah Tahfidz yang diikuti sebanyak 501 yang mendaftar. Kata Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, S. Sos. M.M dalam sambutannya. Kamis,24/11/2022.

Kegiatan ini juga akan menjadi tolak ukur dari suksesnya program unggulan Pemerintah Kabupaten Agam terkait dengan 1000 rumah tahfidz.

Lomba pada hari ini kita rencanakan memang baru 3 kelompok yakni 3 juz 5 juz dan 7 juz, mungkin tahun yang akan datang kita tingkatkan terus Sesuai dengan apa yang dikatakan pak Camat ini adalah yang pertama kali di adakan tentu ini yang pertama bukan yang terakhir. Kata bupati itu.

Insya Allah ini bisa berlanjut setiap tahun siapapun nanti yang menjadi Bupati agar program ini kita harapkan berlanjut terus dalam rangka meningkatkan kemampuan anak-anak kita di Kabupaten Agam dalam hal membaca Al-Qur’an. Harapnya.

Kita ingin kedepannya Kabupaten Agam ini bisa mencontoh tokoh-tokoh nasional yang sudah datang dari Sumatera-Barat khususnya Kabupaten Agam seperti Buya Hamka, Agus Salim dan yang lainnya.

Tokoh-tokoh nasional yang datang dari kabupaten Agam dan Bukittinggi tentu ini harapan kita kedepannya dan kita mulai dari bidang agama dulu lalu kita lanjutkan dengan adat istiadat karena kita juga merencanakan akan ada lomba tari Pasambahan antar Nagari se-Kabupaten Agam dan akan kita laksanakan di tahun 2023.

Kita juga sekarang sudah membuat Kampung Inggris. Ada sekitar 5 yang kita canangkan di tahun 2022 dan ditambah satu nagari lagi Nagari Balingka secara spontanitas dengan ide dari wali jorong Pahambatan. Pungkas bupati itu yang akrab disapa AWR.

Mudah-mudahan nagari-nagari lain nanti di kabupaten Agam ini juga bisa menjadi kampung-kampung Inggris berikutnya. Harapannya.

kemarin saya bincang -bincang dengan tokoh-tokoh masyarakat Bukit Batabuah ada tokoh masyarakat bahasa Inggris pak Romeo beliau juga siap mendirikan kampung Inggris dan lain lain.

Kalau SDM di kabupaten Agam ini kita tingkatkan dari 3 sisi, yakni agama, adat istiadat dan sisi intenasional. (alex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here