Oknum Brigadir KS Tersangka Penembakan DPO di Solok Selatan Telah Ditahan di Rutan Polda Sumbar

gambar ilustrasi penembakan

SUMBARTIME.COM-Usai ditetapkan sebagai tersangka dan akan diajukan pada proses pidana, oknum Brigadir polisi KS ditahan di rumah tahanan (rutan) Mapolda Sumbar.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stake Bayu, Senin 1 Februari 2021 siang membenarkan hal tersebut.

Iklan

“Yang bersangkutan oknum Brigadir KS telah dibebas tugaskan dan saat ditahan di Rutan Polda,” ungkapnya.

Di jelaskan, dalam waktu dekat ini, Brigadir KS akan diajukan pada sidang kode etik yang dilakukan intern pihak Kepolisian. Namun Stake Bayu belum mengetahui kapan waktu akan digelarnya.

Sementara itu tuturnya lagi, proses pidana umum juga akan dihadapi oleh KS. Adapun lima orang personil polisi polres Solok selatan yang juga ikut diperiksa Dit Propam Polda Sumbar saat ini status mereka masih sebagai saksi, pungkasnya lagi.

Sebelumnya seperti diketahui, oknum Brigadir KS yang bertugas di Satreskrim Polres Solok Selatan diketahui telah melakukan tindakan dugaan prosedur penembakan sewaktu terjadinya penangkapan seorang DPO kasus judi.

Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (27/1) kemaren. Saat itu seorang Daftar Pencarian Orang bernama Deki Susanto, tewas bersimbah darah di depan anak serta istrinya saat sebutir peluru yang ditembakan oleh oknum polisi.

Insiden tersebut sempat membuat gejolak di tengah masyarakat yang berujung pada penyerangan dan perusakan sebuah Mapolsek di Sungai Pagu kawasan Solok Selatan oleh sekelompok massa yang tidak menerima tindakan penembakan hingga tewas tersebut terhadap Deki Susanto.

Selain melakukan penyerangan dan perusakan terhadap Mapolsek Sungai Pagu, massa juga sempat memblokade jalan nasional Muaro Labuh-Padang Aro beberapa jam.

Atas gejolak serta insiden yang terjadi itu, membuat Mapolda Sumbar turun tangan dan mengambil alih kasus dengan menurunkan Dit Propam serta 1 SSK Brimob.

Dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan 6 orang personil polisi Polres Solok Selatan yang terlibat dalam kasus insiden penmbakan dalam penangkapan itu, Polda Sumbar telah menetapkan satu orang personil sebagai tersangka dan akan diajukan pada proses pidana. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here