NINIK MAMAK, BUNDO KANDUANG, WAKO DAN WAWAKO BERBUKA PUASA  DIMASJID TERTUA DIKOTA SOLOK

SUMBARTIME.COM-Bersama walikota Solok dan wakil walikota Solok, seluruh pemangku adat dan Bundo Kanduang, beserta masyarakat kota Solok yang hadir pada waktu itu, melaksanakan berbuka puasa dan sekaligus Sholat Tarwih bersama di Masjid Lubuk Sikarah, Masjid tersebut merupakan Masjid tertua dikota Solok.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Senin 11 Juni 2018 itu, merupakan sebuah tradisi masyarakat kota Solok disaat akan berakhirnya bulan suci Ramadhan, dan jelas hal itu merupakan ajang yang sangat ditunggu dan dinanti oleh seluruh pemangku adat dan masyarakat daerah setempat.

Menurut sejarah yang ada, Masjid Lubuk Sikarah yang merupakan Masjid pertama yang didirikan dikota itu, memiliki nilai historis tersendiri, tepatnya dipuncak tiang tengah Masjid tersebut terdapat satu buah batu besar yang sampai sekarang tidak pernah jatuh walaupun telah beberapa kali dilakukan pemugaran terhadap Masjid Lubuk Sikarah tersebut.

Batu berwarna hitam itu hampir sebesar lemari Es dua pintu dan diperkirakan memiliki berat ratusan kilo gram, dan hironisnya batu tersebut hampir tidak melekat pada puncak tiang tengah Madjid Lubuk Sikarah, dan kalau dilihat dengan kasat mata, batu itu bagaikan berada di angkasa.

Dalam kesempatannya itu walikota Solok, Zul Elfian,SH.M.Si mengatakan, tradisi itu diwariskan secara turun temurun sejak dahukunya, dan dari pendapat masyarakat kota Solok yang ada,  setiap masyarakat itu merasa berkewajiban untuk melakukan ibadah di Masjid itu minimal satu kali selama bulan suci Ramadhan.

Untuk jadwal berbuka di Masjid Lubuk Sikarah, ditentukan oleh pengurus Masjid yang ada, dan dibuka untuk umum, sementara itu menu berbuka dimasak secara bersama oleh masyarakat atau Bundo Kanduang yang ada.

Menurut walikota Solok, selain sebuah tradisi, berbuka bersama di Masjid tertua itu, juga menjadi sebuah momen untuk meningkatkan Uhkruwah Islamiah sesama masyarakat yang ada dikota Solok, khususnya masyarakat yang menganut agama Islam.

” Ini merupakan sebuah momen penting yang akan menambah catatan sejarah di kota Solok, dan melalui ibadah di bulan Suci Ramadhan ini, kita tingkatkan Uhkruwah Islamiah kita bersama ” ungkap walikota Solok mengakhiri.

Dari liputan Sumbartime.com, dalam kesempatan itu, walikota Solok menjanjikan akan menganggarkan dana APBD kota Solok pada anggaran berikutnya, untuk kelanjutan pembangunan Masjid Lubuk Sikarah kota Solok termasuk anggaran untuk kelengkapan peralatan yang dibutuhkan. (Gia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here