Misteri Mister X Pengendara Rx King Terduga Pelaku Aksi Jambret di Payakumbuh

terduga pelaku jambret di beberapa titik lokasi berbeda kawasan Payakumbuh

SUMBARTIME.COM-Dalam beberapa hari belakangan ini, cerita serta informasi aksi kriminal yang terjadi di Kota Payakumbuh menjadi perbincangan hangat serta viral oleh publik.

Di media sosial banyak warganet memposting tulisan terkait meningkat serta maraknya aksi kriminalitas yang terjadi selama bulan November 2021 ini di Kota Payakumbuh.

Iklan

“Payakumbuh sudah tidak aman lagi. Payakumbuh sudah tidak adem lagi. Musim jambret, perkosaan, curanmor, penusukan dan narkoba, meningkat dalam beberapa waktu belakangan ini,” tulis beberapa warga Payakumbuh di dalam akun media sosial mereka.

Saat awak media mencoba berselancar di media sosial khususnya Facebook, menyusuri tulisan para nitizen yang berdomisili di Kota Payakumbuh, ditemukan terdapat beberapa akun akun nitizen yang memposting tulisan mengingatkan agar warga Kota setempat untuk berhati hati berada di jalanan, terutama di lokasi yang sepi, tulis mereka.

Para nitezen mengunggah serta memposting tulisan di sosial media, yang bertujuan untuk mengingatkan kepada warganet lainnya agar berhati hati dan meningkatkan kewaspadaan, terkait mulai meningkatnya aksi bandit jalanan selama pandemi ini.

Dari sekian banyak tulisan serta postingan warganet tersebut di sosial media terkait maraknya aksi bandit jalanan yang terjadi dalam sebulan terakhir ini di Kawasan Kota Payakumbuh, dapat dikerucutkan jika yang paling hangat serta viral adalah soal aksi jambret yang menimpa beberapa warga.

Menariknya lagi, dari informasi yang diperoleh baik dari para nitezen, maupun pihak korban sendiri, terduga pelaku aksi jambret tersebut mengarah kepada seseorang tak dikenal dengan sebutan si Mister X pengendara motor Rx King.

Seseorang tak dikenal dengan memakai motor Rx King yang diduga sebagai pelaku jambret itu adalah orang yang sama saat melakukan aksi bandit jalanannya ke beberapa korban di tempat serta waktu yang berbeda kawasan Kota Payakumbuh. Akibatnya misteri si Mister X tersebut menjadi fenomenal serta menjadi perbincangan warganet, terutama kaum emak emak.

Salah satu tulisan yang di unggah dan diposting oleh sebuah akun Facebook bernama @Avhye Vahryeza menyebutkan jika pelaku yang sempat melakaukan aksi terhadap saudaranya berciri ciri memakai motor Rx King warna hitam.

Melalui akun media sosial miliknya itu, ia menceritakan pengalaman tentang adiknya yang baru saja mengalami aksi penjambretan beberapa hari yang lalu di kawasan Jalan Soekarno Hatta, Kota Payakumbuh tepatnya di depan KFC, pada Senin (29/11) pagi sekira pukul 07.30 WIB.

Dalam tulisannya, dirinya menceritakan jika pada pagi nahas tersebut adiknya yang sedang mengendarai motor seorang diri telah menjadi korban penjambretan oleh Mister X pengemudi Rx King warna hitam.

Lebih jauh ia menceritakan kronologis kejadian, berawal saat adiknya pada pagi itu berangkat kerja dari kediamannya kawasan Pekan Selasa, Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh.

Saat dalam perjalanan berangkat kerja itulah, kuat dugaan jika adiknya telah dibuntuti oleh si Mister X, mulai dari Simpang Pekan Selasa. Ketika berada di TKP saat adiknya mengendarai motor, tiba tiba muncul si Mister X memepet motor korban. Selanjutnya pelaku langsung menarik tas milik adiknya.

Masih menurut tulisan akun bernama @Avhye Vahryeza lagi, adiknya sempat mengejar si Mister x hingga sampai ke simpang kawasan Mesjid Batirai,Parit Rantang, namun pelaku dengan cepat menghilang tak terkejar.

Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sebanyak 5 unit ponsel, uang kontan, serta surat surat berharga lainnya. Usai peristiwa, korban langsung melapor ke polisi, paparnya menjelaskan melalui tulisan yang dia unggah untuk publik.

Sementara itu, terkait aksi jambret yang dilakukan oleh Mister X yang mengendarai motor jenis Rx King, diduga tidak pertama kali itu saja beraksi.

Diduga orang yang sama beberapa hari sebelumnya juga telah melakukan aksi serupa di kawasan serta lokasi yang berbeda. Dari informasi yang berhasil diperoleh dari penuturan beberapa warga, si Mister X dengan menegndari motor Rx King warna hitam tersebut juga telah melakukan aksi yang sama terhadap seorang ibu ibu di kawasan Jalan Flamboyan, Kelurahan Payolansek, Payakumbuh Barat, pada Kamis 18 November 2021 siang sekira pukul 11.40 WIB.

Saat itu si pelaku berhasil menggondol dan membawa kabur sebuah dompet yang berisikan uang tunai senilai jutaan rupiah. Masih dari info warga, terduga pelaku yang melakukan aksi bandit jalanan itu sempat terekam oleh CCTV.

Ironisnya di hari yang sama pada waktu paginya, juga telah terjadi aksi jambret oleh pelaku dengan ciri ciri yang sama dan mengarah kepada si Mister X. Informasinya, seorang ibu ibu menjadi korban jambret usai menjemput anaknya pulang sekolah di kawasan Muaro Koto Nan Gadang, Payakumbuh Utara, ungkap beberapa narasumber.

Terkait fenomena aksi yang dilakukan oleh Mister X terduga pelaku penjambretan serta tindakan kriminal lain yang dilakukan oleh pelaku lainnya yang meningkat serta marak terjadi dalam beberapa waktu belakangan ini, menurut pengamat sosial masyarakat, Arnovi Sutan Mudo menjelaskan jika peristiwa tersebut banyak terjadi di musim panceklik ini.

Di jelaskan olehnya kasus kejahatan sebenarnya bukan hanya meningkat di Kota Payakumbuh saja, akan tetapi di daerah daerah lainnya tindakan aksi kriminal juga meningkat, ulasnya, Selasa (30/11) malam.

Lebih jauh dia menyebabkan fenomena itu terjadi akibat sulitnya kehidupan ekonomi masyarakat di masa pandemi ini. Dimana mana banyak terjadi pengangguran. Sementara kebutuhan hidup kian tinggi.

Akibatnya, banyak orang yang melakukan jalan pintas untuk mudah mendapatkan uang dengan menjadi pelaku aksi kriminal, paparnya.

Untuk mengantisipasi menjadi korban tindakan aksi kejahatan jalanan, warga harus bisa berhati hati dan selalu waspada saat berada di jalanan terutama di lokasi sepi serta di waktu malam hari.

Selain itu Arnovi juga menjelaskan agar warga terutama kaum emak emak, agar bisa menghindarkan diri memakai perhiasan serta harta benda yang menyolok dan dapat memancing aksi tindakan kriminal terhadap dirinya.

Untuk si Mister X terduga pelaku aksi jambret yang telah bikin resah seperti yang diinformasikan oleh warga, dirinya berharap agar pihak kepolisian bisa mengungkap dan menangkap dengan secepatnya agar warga kembali aman serta nyaman, tutupnya mengatakan. (rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here