Lepas Ribuan Bibit Ikan, Sungai Batang Sikali Padang Karambia, Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga Sekitar

SUMBARTIME.COM-Gubernur Sumatera Barat, melalui Asisten II Benni Warlis mengungkapkan bahwa Sungai Batang Sikali, Padang Karambia akan menjadi destinasi ekonomi baru di Payakumbuh. Hal tersebut diungkapkan dalam kegiatan pelepasan bibit ikan di sungai Batang Sikali, Padang Karambia, Payakumbuh Selatan, Jumat (22/2).

Dalam pidato sambutannya, Benni Warlis mengapresiasi masyarakat Padang Karambia dengan terbentuknya Pokmaswas.

Iklan

“Kami apresiasi untuk kota Payakumbuh yang telah membentuk kelompok pengawas masyarakat (Pokmaswas) Padang Karambia, sehingga dengan adanya kelompok masyarakat peduli sungai ini, sungai lebih terjaga dan tidak ada sampah berserakan,” ungkap Benni.

Lebih lanjut Benni mengatakan, bahwa dengan kegiatan ini tentu akan menambah sumber ekonomi baru.

“Ini setidaknya bisa menjadi model bagi yang lain dan menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat di Payakumbuh.

Dan dengan adanya bantuan bibit ikan yang dikembangbiakkan di sungai dapat menambah penghasilan masyarakat Padang Karambia.

Mari kita jaga, agar pada waktu panen, dapat hasil yang melimpah. Intinya bagaimana hal ini dapat memberikan dampak positif bagi kita semua,” tegas Benni.

Sejalan dengan Benni, Nevi Zuairina selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Sumatera Barat, menyampaikan bahwa banyak manfaat yang kita dapat bila mengkonsumsi ikan. Selain menjadi sehat dan kuat. Bagi anak-anak dapat meningkatkan kecerdasan.

“Kita lihat orang Jepang makan ikan 120kg per kapita per tahun. Artinya, mereka makan ikan lebih kurang 1 (satu) kg per hari. Hasilnya, kita lihat perekonomian Jepang sangat baik, dan meraka pun cerdas,” beber Nevi.

Nevi mengharapkan masyarakat terutama anak-anak untuk memperbanyak mengkonsumsi makan ikan dan olahan ikan.

“Untuk itu, kami mengajak masyarakat Payakumbuh untuk gemar makan ikan, terutama anak-anak. Karena anak-anak membutuhkan gizi yang lengkap dalam masa pertumbuhan dan membantu meningkatkan kecerdasan,”ungkap Nevi.

Camat Payakumbuh Selatan, Junaedi melaporkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar sungai terpelihara dengan baik dan menumbuhkan minat masyarakat untuk gemar makan ikan.

“Alhamdulillah kita mendapat 10 ribu bantuan bibit ikan dari provinsi, 5 ribu dari Pemko Payakumbuh dan 5 ribu dari organisasi perangkat daerah (OPD) se-kota Payakumbuh,” lapornya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Sumatera Barat, Wakil Ketua TP PKK kota Payakumbuh, Machdalena Erwin Yunaz, Staf Ahli Walikota, Syahrial, unsur pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) diantaranya, tokoh masyarakat, hadirin dan undangan lainnya. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here