LEDAKAN PETASAN TERUS MENGGELEGAR, HIMBAUAN PEMKO SOLOK TAK BERARTI

SUMBARTIME.COM-Walaupun pemerintah¬† kota Solok telah menyerukan himbauan serta larangan untuk tidak membunyikan petasan atau meriam bambu dimalam bulan suci Ramadhan, namun ledakan barang yang termasuk berbahaya itu masih tetap terdengar disaat umat Islam sedang melakukan ibadah Sholat Tarwih dan Tadarus Al Qur’an.

Ironisnya, sampai berita ini diturunkan, tidak satupun aparat yang berwenang seperti Satpol PP kota Solok yang melakukan tindakan atau upaya untuk menghentikannya.

Iklan

Sementara itu, himbauan yang sama juga disampaikan oleh walikota Solok untuk petugas tersebut, agar melakukan pengawalan terhadap upaya menciptakan kenyamanan umat Islam dalam melakukan ibadah dibulan Ramadhan.

Sebelumnya berdasarkan rapat koordinasi yang dilakukan oleh seluruh SKPD yang ada di pemerintah kota Solok, dan dipimpin langsung oleh walikota Solok,Zul Elfian,SH.M.Si, dan wakil walikota Solok, Reinier,ST.MM, tepatnya dua hari sebelum bulan Ramadhan, diruang rapat walikota Solok, melahirkan 11 himbauan untuk masyarakat dan instansi terkait yang ada.

Salah satu dari himbauan itu adalah larangan untuk membunyikan petasan atau meriam bambu dimalam bulan Ramadhan, dengan tujuan untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan umat Islam dalam melakukan ibadah dimalam tersebut.

Dan himbauan lain terkait dengan hal itu adalah berupa perintah dari walikota Solok untuk Satpol PP setempat agar melakukan pengawalan dari tujuan tersebut, sehingga himbauan yang disampaikan itu tidak terkesan sia sia atau seremonial saja.

Namun sangat disayangkan, niat dari walikota Solok itu tidak mendapat respon yang baik dari sebagian masyarakat dan instansi terkait tersebut, ledakan petasan terus berpacu disaat masyarakat sedang beribadah, dan hal itu seiiring dengan menjamurnya pedagang petasan dikota Solok.

Hasil Rapat Koordinasi pada waktu itu, selain larangan untuk membunyikan petasan, pemerintah juga melarang untuk membuka warung minuman dan makanan pada siang hari, serta pencabutan izin sementara untuk tempat hiburan malam. (Gia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here