KPUD KOTA SOLOK MENGGELAR GERAKAN COKLIT DATA PEMILIH PEMILU 2019

Sosialisasi Coklit serentak di Kota Solok

SUMBARTIME.COM-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Solok selenggarakan gerakan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih pemilu serentak 2019, kegiatan yang dibuka lansung oleh walikota Solok itu, merupakan terobosan baru yang dikemas oleh KPU secara nasional yang bertujuan untuk mewujudkan pemilu yang jujur dan adil.

Coklit di kota Solok diselenggarakan dalam bentuk upacara pada Selasa 17 April 2018, di lapangan upacara Kantor balai kota Solok, dan selain walikota Solok, kegiatan itu dihadiri oleh ketua KPUD kota Solok beserta jajarannya, Panwas kota Solok, Panwaslu Sumbar, Forkompinda, perwakilan partai Politik, serta  207 orang panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) yang ada.

Iklan

Dalam kesempatannya itu, ketua KPUD kota Solok, Budi Santosa mengatakan, gerakan Coklit dilaksanakan serentak secara nasional, dan di kota Solok Coklit akan dilaksanakan oleh 207 orang Pantarlih, sementara itu dikatakannya,  KPUD kota Solok akan memantau lansung kegiatan yang dilaksanakan oleh Pantarlih tersebut.

Gerakan Coklit merupakan pertanda bahwa telah dimulainya proses pemutakhiran data oleh KPUD kota Solok, selain untuk memastikan daftar pemilih yang ada, gerakan Coklit juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas daftar pemilu, dan hal tersebut akan berpotensi untuk menghindari terjadinya pemilih susupan dan mewujudkan pemilu yang adil dan jujur.

Lebih jauh ketua KPUD kota Solok memaparkan,  Pantarlih akan melaksanakan tugasnya dengan cara dor to dor dari rumah kerumah, sementara itu masa bhakti Pantarlih adalah selama satu bulan yang dimulai sejak 17 April 2018 hingga 17 Mai 2018 mendatang.

Mengakhiri paparan yang disampaikannya, Budi Santosa mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta menyukseskan gerakan Coklit yang akan dilakukan oleh Pantarlih, sehingga pemilu yang jujur dan adil dapat terwujudkan dengan cepat dan terlahirnya para pemilih yang berkualitas.

Sementara itu walikota Solok,  Zul Elfian, SH.Msi, dalam sambutannya mengatakan, walaupun masa bhaktinya hanya satu bulan, namun apa yang dilakukan oleh Pantarlih menjadi sebuah  dasar untuk menyukseskan pemilu serentak yang akan dilaksanakan nanti, berdasarkan dari pada itu, walikota Solok menghimbau seluruh elemen masyarakat yang ada agar memberikan kerjasama yang baik.

Dalam kesempatannya itu, walikota Solok juga menyampaikan apresiasi atas terobosan yang telah dilakukan oleh KPU secara nasional dalam rangka menciptakan pemilu yang adil dan jujur, sehinga pertarungkan dalam pemilihan anggota legislatif dan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah nanti, dapat dilaksanakan dengan sempurna dan melahirkan wakil rakyat yang lebih berkualitas. (Gia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here