Kepala Kankemenag : Jadikan mushalla sebagai basis pengamalan islam di sekolah

img_20160914_173447-2Sumbartime.com, Payakumbuh— Mushalla Hidayah di komplek SMP Negeri 4 Payakumbuh diresmikan pemakaiannya oleh Walikota  bersama kepala kankemenag Kota Payakumbuh (14/09).

Meninjau kilas balik tentang mushalla Hidayah, Dt. Rajo Imbang memaparkan panjang lebar sejarah berdirinya smpn 4 yang dulunya bernama smp standar.  Tanah smp standar ini berasal dari tanah konsiKNPB yang didirikan oleh almarhum Abu bakar siddiq seorang wali perang dengan anggotanya berjumlah 360 orang di nagari koto nan IV dan Limbukan pada zaman penjajahan Belanda. Awalnya hanya 3 lokal dan kemudian diserahkan pengelolaan sepenuhnya kepada pemda Payakumbuh, dengan kepala sekolah Bahar dan menamatkan siswa pertama tahun 1984, jelas Dt. Rajo Imbang.

Iklan

Tampak hadir dalam kegiatan ini Walikota yang diwakili Asisten II, Kepala Kankemenag, Kabag Kesra, Kepala Diknas, pengawas SMP dan Camat Payakumbuh Barat serta tokoh masyarakat setempat bersama majlis guru dan pengurus OSIS SMP Negeri 4 Payakumbuh.

Pengguntingan pita tanda pemakaian kembali mushalla hidayah yang selama ini kecil dan sekarang sudah diperluas oleh Amriul Dt. Karayiang didampingi kepala kankemenag.

Kepala SMP Negeri 4 Depi Marlitra, Menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota dan semua pihak yang hadir atas dukungan dan partisipasinya. Kepala sekolah bersama komite membangun mushalla ini dengan dana yang berasal dari sumbangan siswa dan majlis guru serta sumbangan dari alumni, dan saat ini sedang pemasangan keramik WC dan tempat berwuduk dan lanjut pembuatan qubah, lapor Depi.

Kepala kankemenag yang diwakili pengawas PAI Arham memberikan arahan supaya kepala sekolah beserta jajarannya di sekolah, agar menjadikan mushalla ini sebagai penerapan dan pengamalan ajaran islam di sekolah, dalam kegiatan agama dan keagamaan termasuk kegiatan eskul yang berkaitan dengan hal itu, arah Arham.

Asisten II Amriul Dt. Karayiang menyampaikan apresiasi kepada kepala sekolah dan komite yang telah membangun dan mengerakkan kegiatan agama di smp 4, marilah kita selalu meningkatkan kerjasama yang baik dengan segala lapisan masyarakat, demi terciptanya situasi kondusif terutama kegiatan pengamalan islam di sekolah dalam mensukseskan visi dan misi pemda Kota Payakumbuh yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara lahir dan bathin, tutup Amriul. Kegiatan ini ditutup dengan makan bersama yang juga dihadiri para alumni. ( ST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here