Kemendes PDT Buka Pelatihan Kepemudaan

Sumbartime-Dalam rangka mendorong pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, Kemendes PDT melalui Seksi Fasilitasi Kelembagaan Masyarakat Desa menggelar pelatihan kepemudaan yang dilaksanakan di hotel HW, Kota Padang selama 5 hari dari tanggal 28 November sampai dengan 02 Desember 2017.

Kegiatan yang bertema “Penguatan Organisasi Sosial untuk Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa”, dihadiri dan dibuka langsung oleh Kasi Fasilitasi Kelembagaan Masyarakat Desa dari Kemendes PDT, Ir. Sondang Hutagalung, M. Si.

Iklan

Dalam sambutannya Ir. Sondang Hutagalung, M. Si menyampaikan, “Dikatakan bahwa suatu desa sudah berkembang dan maju dapat diukur dari tingkat partisipasi masyarakatnya dalam proses perencanaan pembangunan, pelaksanaan pembangunan, pemantauan dan evaluasi pembangunan, bahkan sampai pada tindak lanjut pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

Masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan Desa. Keberadaan organisasi sosial masyarakat desa diharapkan dapat diperkuat kembali, terutama untuk turut serta ambil bagian dalam musyawarah rencana pembangunan desa mulai dari tingkat dusun sampai kecamatan.

Untuk itu diharapkan organisasi sosial kemasyarakatan serta lembaga-lembaga yang ada di desa dapat bersinergi dengan pemerintahan desa, dalam membangun desa menuju kemandirian, sehingga apa yang menjadi program pemerintah kita dalam nawacita ke 3 agar dapat terwujud dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat desa dan daerah”.

Dalam kesempatan yang sama, ketua panitia pelaksana, Indah Madu Sari, JFU, juga menyampaikan, “salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas, pengetahuan, keterampilan dan komitmen organisasi sosial kemasyarakatan desa khususnya Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD).

Sebanyak 30 orang peserta yang mengikuti kegiatan ini akan diberikan pembekalan dan pelatihan, agar apa yang menjadi tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini dpat tercapai dengan sukses dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan demi peningkatan pembangunan dan pemberdayaan desa. (Imr).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here