H. Irfendi Arbi : Saya Bekerja Untuk Kepentingan Rakyat

Sumbartime-Bupati, Ir.H.Irfendi Arbi, mengatakan dirinya ingin menjadi pemimpin yang pro rakyat, yang akan bekerja untuk kepentingan rakyat. Statemen Bang Pendi, sapaan akrab Irfendi Arbi inipun disampaikan di depan rapat pimpinan DPRD Limapuluh Kota yang diperluas, dipimpin langsung oleh Safaruddin Dt.Bandaro Rajo.SH yang di damping oleh Sastri Andiko, SH. Dt.Putiah, Kamis (5/10) bertempat di ruangan rapat pimpinan DPRD Limapuluh Kota.

Kata Irfendi Arbi ”Langkah terbaik kita adalah menatap masa depan Limapuluh Kota dengan penuh optimisme untuk maju kedepan tanpa melangar aturan dan saya akan berusaha menjadi pimpinan yang pro rakyat, yang bekerja untuk kepentingan rakyat , riak-riak yang terjadi suatu hal yang lumrah dalam menjalankan suatu pemerintahan“ kata Bupati Irfendi Arbi yang terkenal ramah ini.

Iklan

“ kita punya prestasi, UGM atau Universitas Gadjah Mada yang melakukan penelitian dan telah mengumumkan pada Kamis (7/9) lalu, indeks transaparansi keuangan daerah se-Indonesia tahun 2016 telah menetapkan Limapuluh Kota peringkat pertama dari 19 Kabupaten/Kota di Sumbar dan peringkat kedua dari 150-an Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera. Kita cukup surprise dan bangga. Sebab, pada tahun sebelumnya atau dalam indeks transpransi anggaran 2015, Limapuluh Kota baru berada pada peringkat 90-an di Sumatera.” Ujar Irfendi Arbi.

“Prestasi tersebut tidak terlepas berkat kerjasama dan dukungan peran legislatif DPRD Limapuluh Kota dalam perencanan dan pelaksanaan serta pengawasan Pengelolaan Keuangan Daerah. Artinya kita dapat mengelola keuangan daerah yang sehat dan transparan.

Dari penelitian UGM tersebut diungkapkan bahwa peran DPRD Limapuluh Kota sebagai mitra pemerintah tidak kalah penting dimana risalah persidangan dalam pembahasan APBD tercatat dan terdokumentasi dengan baik, begitu juga pembahasan program dan kegiatan yang selalu transparan yang dibahas oleh komisi-komisi bersama mitra kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehingga program dan kegiatan yang merupakan hasil musrenbang dan berbagai pokok pokok pikiran anggota DPRD dari hasil resesnya di akomodir tanpa melanggar aturan dan perundang-undangan yang berlaku .

Untuk itu, Rektor UGM Profesor Panut Mulyono memberi penghargaan buat Pemkab Limapuluh Kota. “ terang Irfendi Arbi yang disambut tepuk tanggan anggota DPRD.

Terkait dengan program prioritas, Bupati yang dikenal dekat dengan rakyat ini mengaku tetap akan berpedoman pada visi misi yang telah ditetapkan dalam RPJMD Limapuluh Kota tahun 2016-2021.

“Kami tetap berpegang pada visi misi mewujudkan Kabupaten Limapuluh Kota sejahtera dan dinamis “yang mantap” berlandaskan iman dan taqwa . Untuk mewujudkan misi tersebut dituangkan kedalam 11 agenda prioritas pembangunan antara lain : 1. Revolusi mental, 2. Revitalisasi pertanian menuju agroindustri, 3. Pariwisata dan ekonomi kreatif , 4. Investasi dan kemudahan berusaha, 5. Penguatan ekonomi kerakyatan, 6. Akselerasi pembangunan sumber daya manusia, 7. Reformasi birokrasi, 8. Penguatan nagari, 9. Penataan ruang dan kawasan strategis, 10. Fasilitas umum dan fasilitas sosial berwawasan lingkungan dan berkelanjutan, dan 11. Pengembangan daerah basis perjuangan, “ tegas Irfendi Arbi

Ketua DPRD Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo SH, mengapresiasi prestasi yang membanggakan Kabupaten Limapuluh Kota dikancah regional dan nasional “Sepanjang sejarah Limapuluh Kota, baru dua kali, BPK memberikan opini WTP atas laporan pengelolaan keuangan daerah ini. Yakni, LKPD 2016 dan LKPD 2017. Dan kedua-duanya, didapat pada masa kepemimpinan Bupati Irfendi Arbi,” kata Safaruddin Politikus Partai Golkar.

Rapat pimpinan diperluas ini yang dihadiri oleh para ketua alat kelangkapan DPRD dan Ketua Fraksi menghasilkan agenda untuk pembahasan APBD Perubahan Tahun 2017, APBD Tahun 2018 dan Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan AnggotaDPRD yang pembahasannya terunda selama dua bulan, karena bupati cuti melaksanakan ibadah haji ke Mekah. (ul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here