Gugus Tugas Covid-19 LimapuluhKota Bergerak Cepat, Warga Pulang Rantau Diperiksa

Ketua DPRD dan Wakil Bupati Limapuluh Kota

SUMBARTIME.COM-BA 2&3 C bergerak cepat mengetahui ada warganya menjadi ODP virus corona. Salah seorang warga Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka didatangi tim medis pada Selasa (24/3) siang. Warga berjenis kelamin laki-laki tersebut, masuk dalam pemantauan tim medis. Hal itu disebabkan, pria 36 tahun tersebut baru saja datang dari luar negeri.

“Kita lakukan pemantauan bersama dengan tim medis. Karena yang bersangkutan baru kembali dari luar negeri. Sejak 3 hari ini di kampung”terang Wakil Bupati Limapuluh Kota saat mendatangi rumah pria yang disembunyikan indentitasnya itu.

Saat ke rumah pria itu, Wakil Bupati turut dampingi Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra, Basarnas, BPBD, Camat Mungka, Kepala Puskesmas Mungka beserta tim medis dan Kapolsek Guguak termasuk perangkat nagari. Dilokasi rombongan mendapati beliau tidak berada di rumah, padahal sebelumnya pihak Puskesmas sudah menganjurkan Isolasi mandiri selama 14 hari.

Saat didatangi tim penanganan penyebaran Covid-19, dokter dari Puskesmas Mungka sempat memeriksa suhu tubuh pria tersebut. Dan tidak ditemukan gejala dari Covid-19. “Setelah di cek tim medis, kondisi tubuh normal, sehat. Tetapi yang bersangkutan masuk dalam pengawasan,”kata Wakil Bupati lagi.

Sedangkan, Deni Asra Ketua DPRD Limapuluh Kota meminta kepada pria yang sebelumnya TKI di Malaysia tersebut untuk melakukan isolasi secara mandiri didalam rumah. “Pihak keluarga juga tidak mendekat terlebih dahulu. Jaga jarak dan lakukan isolasi mandiri. Ini sangat penting dilakukan,”tegas Deni Asra. Selama Isolasi mandiri pihak terkait juga menjamin semua kebutuhan (dia) dan keluarga.

Diakui Deni Asra, untuk kondisi terkini, belum ada ditemukan warga Limapuluh Kota yang terpapar virus Covid-19 tersebut. “Malahan ada penurunan Orang Dalam Pengawasan. Kemarin ODP 54 orang dan hari ini menjadi 39 orang,”kata Deni Asra.

Sebelum ke lokasi ODP ini, rombongan juga sempat pergi ke Pesantren Al Makmur Tungkar Kecamatan Situjuah. Rombongan yang juga di dampingi oleh pejabat setempat melakukan penyemprotan Disinfektan di area Pesantren. Dan untuk semua Santri Juga sudah dirumahkan mengikuti anjuran Dinas Pendidikan.

Deni Asra menghimbau agar masyarakat untuk terapkan hidup sehat. “Cuci tangan, saling jarak jarak dan hindari keramaian. Apabila tidak penting tidak usah keluar rumah. Harus saling menjaga. Sehingga, penyebaran Corona cepat teratasi,”katanya.(npn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here