Dugaan Aksi Teror Terhadap 2 Niniak Mamak Bawan Agam, Sebagian Rumah dan Mobil Ludes Terbakar

mobil minibus salah satu korban ludes terbakar

SUMBARTIME.COM-Dilaporkan telah terjadi dugaan aksi teror yang dilakukan oleh orang tak dikenal (OTK) terhadap dua orang Niniak Mamak Nagari Bawan, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Agam, pada Kamis (1/4) dini hari.

Aksi teror yang diterima oleh kedua Niniak Mamak masing masing, Aprianto Dt.Tan Majolelo (59) dan H. Khaidir Dt. Palimo (60) yakni berupa upaya pembakaran rumah kediaman mereka di dua lokasi yang berbeda oleh OTK.

Iklan

Korban Aprianto Dt. Tan Majolelo harus menderita kerugian cukup besar saat sebagian besar bagian rumahnya kawasan Sago Nagari Manggopoh ludes terbakar akibat lemparan bom molotov yang sengaja dilakukan oleh orang tak dikenal.

Beruntung dugaan aksi teror pembakaran rumahnya tersebut oleh orang tak dikenal itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Api bisa dipadamkan setelah dirinya bersama anggota keluarga lainnya berjibaku menjinakan amukan sijago merah tersebut.

Sementara itu korban kedua, H. Khaidir Dt. Palimo, juga mengalami nasib yang hampir sama. Satu unit mobil minibus jenis Toyota Kijang LGX yang terparkir di halaman rumahnya Kawasan Mato Aia Jorong Surabayo, hangus terbakar. Kuat dugaan jika mobil miliknya itu sengaja dibakar oleh OTK, berdasarkan adanya temuan kejanggalan di sekitaran lokasi, paparnya.

Hingga berita ini diturunkan, aksi teror yang didapatkan kedua pemangku adat itu belum diketahui secara pasti motifnya. Namun menurut pengakuan salah satu korban, Aprianto Dt Tan Majo Lelo, kuat dugaan jika rumahnya sengaja dibakar oleh orang yang tidak senang terhadap dirinya.

Seperti yang dituturkan korban, Kamis 1 April 2021 siang, menuturkan peristiwa terjadi pada dini hari, sekira pukul 02.30 WIB. Saat kejadian, dirinya yang tertidur pulas dibangunkan oleh istrinya ketika ada api yang menjilat gorden ruang tamu rumahnya.

Setelah api berhasil dipadamkan, Aprianto Dt Tan Majolelo mendapati kejanggalan terkait peristiwa terbakarnya sebagian besar ruangan di rumahnya tersebut dengan ditemukannya bom molotov serta topeng dan penutup kepala seseorang yang tak dikenal di TKP.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh H. Khaidir Dt. Palimo, korban kedua. Menurutnya saat api yang membakar dan menghanguskan satu unit mobil minibusnya tersebut diteras rumah ditemukan beberapa bungkusan plastik yang berisi BBM jenis Petaline yang berserakan di lantai dalam kondisi masih utuh.

Sementara itu dalam gelaran jumpa pers pada Kamis sore, di Kantor KAN Bawan, Kecamatan IV Nagari, jajaran pengurus Niniak Mamak setempat mengecam keras dugaan aksi teror yang didapatkan oleh kedua korban oleh pelaku tak dikenal tersebut.

Dt.Kando dan Indranova Dt. Panduko Basa, masing masing Ketua dan Sekretaris KAN Bawan meminta agar pihak Kepolisian bisa mengusut dan membuaka tabir pelaku beserta motifnya.

Menurut keduanya peristiwa terbakarnya rumah serta mobil milik dua orang Niniak Mamak Bawan secara bersamaan di dua lokasi berbeda, kuat dugaan jika sengaja dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Dugaan itu diperkuat dengan ditemukannya kejanggalan di sekitaran TKP berupa bom molotov serta bungkusan BBM, papar mereka.

KAN Bawan berharap demi meredam reaksi dari anak kemenakan kedua Niniak Mamak yang menjadi korban dugaan aksi teror tersebut, meminta polisi mengusut dan bisa mengungkap misteri kejadian, tutup mereka mengatakan. (ezi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here