Dua Kritikan dan Saran Dari Fraksi Golkar Untuk Walikota Solok H.Zul Elfian Umar

Kota Solok.sumbartime – Bertempat di ruangan sidang paripurna DPRD kota Solok, Rabu, 21 September 2022, Fraksi Golkar melalui juru bicaranya, Andi Marianto.ST, menyempatkan beberapa kritikan dan saran kepada walikota Solok H.Zul Elfian Umar.

Iklan

Diantara kritikan dan saran yang harus menjadi catatan oleh orang nomor satu dipemerintahan tersebut adalah terkait dengan realisasi semester I (satu) per 31 Juni. Dalam hal itu Fraksi Golkar menegaskan agar walikota Solok memerintahkan kepala OPD untuk memaksimalkan capaian target PAD dan mempercepat realisasi belanja masing masing OPD.

Penegasan lain adalah terkait dengan pembangunan, agar pembangunan dapat terencana dan terukur hingga tidak meninggalkan kesan terjadinya praktek tambal sulam, Fraksi Golkar meminta pemerintah daerah kota Solok untuk mempercepat penyelesaian dokumen RTRW.

Disela kesempatannya itu Andi Marianto juga menjelaskan, APBD mengandung peran penting dan strategis untuk mendukung aktivitas pemerintahan dalam menjalankan fungsinya menunjang pelayanan publik. APBD merupakan instrumen teknis dari idealisme pembangunan yang harus diwujudkan oleh Pemerintah Daerah.

Oleh karena itu, dalam penyusunan dan pembahasan Rancangan APBD harus berpegang teguh pada prinsip-prinsip, efektifitas, ekonomis, dan tepat sasaran dan yang lebih penting lagi bahwa Rancangan Perubahan APBD harus mencerminkan respon Pemerintah terhadap kebutuhan-kebutuhan urusan wajib Pemerintah dan masyarakat yang menjadi skala prioritas.

Pada satu hari sebelumnya, tepatnya pada Selasa, 20 September 2022, ditempat dan kegiatan yang sama, walikota Solok menyampaikan penjelasan terkait nota keuangan APBD Perubahan tahun anggaran 2022.

Sidang Paripurna dipimpin oleh ketua DPRD kota Solok, Hj.Nurnisma, didampingi oleh wakil ketua Efriyon Coneng dan Bayu Kharisma, dan dihadiri oleh seluruh anggota legislatif setempat. Turut hadir pada kegiatan itu, walikota Solok, H.Zul Elfian Umar, dan wakil walikota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra, Sektretaris Daerah, Syaiful.A berserta seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada dilingkup pemerintah kota Solok.** Ega

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here