Dua Hari Besar Nasional Diperingati Serentak Di Kota Solok

Sumbartime.com-Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan hari Otonomi daerah (Otoda) ke 22 diperingati secara serentak di Kota Solok, Wakil Walikota Solok Reinier,ST.MM, Rabu 2 Mei 2018, di halaman depan kantor balai Kota Solok, yang saat itu bertindak sebagai pembina upacara mengatakan, agar peringatan hari besar tersebut dijadikan sebagai momentum untuk mengevaluasi diri dan bertindak lebih baik untuk kedepannya.

Mewujudkan Nawa Cita melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis, serta Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan, adalah dua tema yang ditetapkan secara nasional dalam memperingati Hardiknas dan Otoda ke 22 tahun 2018.

Iklan

Dalam kesempatannya itu, didepan ratusan orang yang menjadi peserta upacara, wakil pemimpin daerah kota Solok tersebut membacakan pidato menteri Pendidikan dan Menteri Dalam Negeri RI.

Disampaikannya, bahwa terkait dengan dunia pendidikan, kita semua harus mampu mengikuti jejak yang telah ditinggalkan oleh Ki Hajar Dewantara, dalam menduniakan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia.

Disampaikannya, pendidikan dan kebudayaan merupakan dua buah tiang yang harus tetap berdiri tegap ditengah kehidupan masyarakat,  dan dengan demikian hal itu harus dikenalkan sejak dari dini kepada generasi penerus yang ada, dan selain itu,  pendidikan juga merupakan sebuah jantung untuk menentukan masa depan seseorang.

Berdasarkan dari pada itu, wakil walikota Solok mengajak semua elemen masyarakat serta kalangan pemikir yang ada untuk terus memacu perkembangan pendidikan dan kebudayaan untuk generasi penerus yang ada.

Terkait dengan Otoda, orang nomor dikira Solok itu mengajak kita bersama untuk melakukan pengawalan dalam memastikan penyelenggaraan Otoda yang bersih dan demokratis oleh pemerintah daerah.

Dalam hal tersebut, Reinier mengatakan, dalam menjalankan Otoda, pemerintah daerah juga dipandu oleh peraturan dan perundangan undangan yang ada dan berlaku, seperti halnya harus transparansi yang diiringi dengan keterlibatan publik dalam mengambil atau melahirkan sebuah kebijakan, dan harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat, ungkapnya mengakhiri. (Gia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here