Dorong Pertumbuhan Industri UMKM, TKS Pesisir Selatan Gelar Pembekalan Wirausaha

Sumbartime-Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau dalam bentuk lain bernama TKM (Tenaga Kerja Mandiri) merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan dengan meningkatkan produktivitas masyarakat terutama kalangan menengah kebawah.

Strategi ini terangkum dalam program Pendayagunaan Tenaga Kerja Sarjana, dimana para lulusan sarjana ini dapat berpartisipasi dalam tugas pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan segala kapasitasnya sebagai motivator, fasilitator, inovtor dan mediator.

Iklan

Sebagai bentuk implementasi tujuan tersebut, Disnakertrans Kabupaten Pesisir Selatan bersama TKS Kecamatan IV Jurai Habibburaham. S. HI, menggelar kegiatan pembekalan bagi pelaku TKM di Nagari Salido pada hari Selasa, 28 November 2017.

Kepada sumbartime, Habibburrahman menjelaskan, dalam kegiatan pembekalan diberikan materi-materi dan motivasi kepada peserta terkait pemberdayaan indudtri UMKM. Kegiatan ini diikuti oleh wanita dari keluarga kurang mampu yang mempunyai jiwa kewirausahaan, peserta dipilih sesuai rekomendasi ketua yang ditunjuk oleh dinas dan pendamping TKM, sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Dari kegiatan ini kami bersama menargetkan, usaha kelompok dapat memproduksi makanan olahan durian sebagai makanan khas Pesisir Selatan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ,Sirdin Nasrul,SH MSi, beliau menyampaikan, “Saya berharap kegiatan ini menjdikan berkesinambungan dan bisa menjdikan Pessel maju dan dikenal bukan hanya kawasan Mandeh saja tapi juga makanan khas olahan durian ini”.

Hj. eny Destia selaku Ketua bid Pendidikan GOW(Gabungan Organisasi Wanita) Kabupate Pessel yang juga sebagai narasumber menyampaikan harapan dalam kegiatan tersebut, “semoga Pessel menciptakan jiwa keterampilan dalam kewirausahaan”.
Dalam jangka pendek diharapkan peserta dapat mempraktikan skill dalam pengelolaan durian menjadi makanan olahan.

Peserta yang datang menunjukkan semangat dalam mengikuti kegiatan, meskipun hujan turun cukup deras, hal ini tidak menyurutkan semangat peserta untuk hadir tepat waktu dalam kegiatan yang diselenggarakan.

Salah seorang peserta menyampaikan, “kami berharap kegiatan serupa dapat terlaksana lagi d waktu mendatang, karena kami merasa kegiatan ini sangat bermanfaat”, ujarnya. (imm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here