Diduga Oknum Pegawai Pengadilan Negri Payakumbuh Tertangkap Tangan Congkel Kotak Infak Mesjid

pelaku saat diamankan

SUMBARTIME.COM-Rabu 26 Agustus 2020, siang hari sekira pukul 14.30 WIB, warga komplek Dinas Perternakan Kelurahan Ibuh, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, dihebohkan dengan tertangkap tangannya seorang pencongkel dan pencuri uang kotak infak mesjid.

Informasinya, kejadian peristiwa bertempat di Mesjid Nurul Jadid, daerah setempat. Ironisnya pelaku diduga merupakan seorang oknum Pegawai Pengadilan Negeri Payakumbuh, inisial IH (31).

Iklan

Adapun kronologi kejadian, berawal dari pelaku yang datang ke TKP dengan sebuah sepeda motor jenis Vega R dengan Nomor Polisi BA 6726 MR warna hitam merah.

Saat kondisi Mesjid dalam keadaan sepi, pelaku langsung masuk ke dalam dan menuju kotak infak. Selanjutnya dengan menggunakan obeng, kunci L, serta gunting, pelaku melancarkan aksinya membongkar dan mencongkel kotak infak.

Aksi yang dilakukan pelaku sempat berhasil dengan mengumpulkan dan meraup semua uang recehan yang terdapat dalam kotak infak senilai Rp 302 Ribu. Namun apes bagi pelaku, saat hendak meninggalkan lokasi Mesjid, dia berpapasan dengan salah satu pengurus.

Pengurus Mesjid yang merasa curiga melihat gaya pelaku yang panik dan tegang langsung merasa curiga, setelah dia melihat kotak infak dalam kondisi rusak, pengurus langsung menahan kepergian pelaku.

Sempat terjadi adu mulut diantara mereka, hingga mengundang warga lain yang berada di sekitar lokasi. Saat dilakukan pemeriksaan ditemukan barang bukti di tubuh pelaku sehingga dirinya tidak berkutik.

Selanjutnya pengurus menghubungi pihak polisi dan membuat laporan ke Polres Payakumbuh.

Terpisah, Kapolres Payakumbuh AKBP Donny Setiawan, melalui Kasatreskrim, AKP M. Rosidi, membenarkan peristiwa kejadian. Menurutnya pelaku dan barang bukti sudah diamankan dan masih dalam proses pemeriksaan dan penyidikan, ujarnya singkat. (rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here