Di Pariaman Beruk pun Disekolahkan

Sekolah Tinggi Ilmu Beruk

SUMBARTIME.COM-Entah dapat ilham dari mana, namun warga di Desa Apar Kota Pariaman ini, cukup mendapatkan ide yang kreatif dan terbilang unik.

Sekarang di Desa tersebut, melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), telah didirikan sebuah sekolah bernama Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB) Mandiri. Sebuah sekolah khusus untuk hewan bernama Beruk (Monyet) yakni hewan peliharaan pemetik buah kelapa.

Iklan
Loading...

Menurut Hamidul Adhar, Kepala STIB Mandiri, sekolah tersebut khusus didirikan untuk kalangan Beruk dalam rangka dibidang pengenalan buah kelapa serta gaya tangkas dan tepat cara memetiknya.

Di jelaskan, hewan peliharaan tersebut akan dilatih oleh para instruktur yang sudah berpengalaman dibidang beruk yang bertugas memetik buah kelapa, tuturnya lagi mengatakan.

Adapun tahap tahap pelatihan terhadap para Beruk tersebut meliputi antara lain, pengenalan diri Beruk meliputi cara makan dan cara mandi selama tiga bulan. Selanjutnya masuk pada tahap berikutnya yakni, memberikan pelajaran Beruk tentang kelpa yang dipancang pada pohonnya, selama dua bulan.

Lanjut pada tahap berikutnya, selama satu bulan Beruk diajarkan cara memutar kelapa yang sudah bolong dan diletakan diatas kayu. Sesudah itu, selama dua bulan Beruk diajarkan cara menjatuhkan kelapa yang digantung di atas pohon kayu.

Pada tahap terkahir menjelang tamat, selama tiga bulan, Beruk diajarkan cara menjatuhkan buah Kelapa dari pohonnya, serta mampu memilih kelapa muda dan kelapa tua, papar Hamidul menjelaskan. (tim)

Loading...
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here