Bupati Komit Perangi Korupsi dengan Penerapan Elektronik

Limapuluhkota, sumbartime.com —Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi berkomitmen memerangi korupsi didaerahnya, melalui berbagai program elektronik. Hal ini dipaparkan Irfendi, saat menghadiri rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) progress rencana aksi pencegahan korupsi terintegrasi di Bukittinggi, Rabu (26/4).

Iklan

Monev itu sendiri dipimpin Kasatgas Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi KPK RI, Adlinsyah M Nasution. Irfendi mengaku komit akan terus mendukung program-program KPK. Menurutnya, ini akan menjadi kesempatan bagi para SKPD untuk lebih memahami pencegahan korupsi, dalam pengelolaan anggaran agar terhindar dari praktek korupsi tersebut.

Ia juga menyampaikan kesiapan menerapkan sistem aplikasi pencegahan korupsi, seperti e-planing, e-budgeting dan e-perizinan sebagaimana yang diharapkan KPK agar bisa direalisasikan pada 2018 mendatang.

“Kita telah melaksanakan soft launching aplikasi E-Musrembang pada bulan Februari lalu, telah membuat SK Bupati tentang kordinasi E-Government, serta terus melakukan penyempurnaan terhadap aplikasi E-Musrembang,” sebut Irfendi.

Penanaman Aplikasi E-Musrembang, katanya, bernama Pusako Plan, salah satu aplikasi perencanaan untuk kesejahteraan Limapuluh Kota. Aplikasi E-Musrembang, sebutnya, sudah bisa diakses melalui website Limapuluh Kota.

Pihaknya juga telah melakukan persiapan untuk integrasi aplikasi SIPKD dengan aplikasi E-budgering dari Surabaya. Saat ini, badan keuangan telah berkordinasi dengan perangkat daerah terkait penyusunan HSPK dan ASB di Limapuluh Kota.

“Kabupaten Limapuluh juga ikut menerapkan program Si-CANTIK, aplikasi cerdas layanan terpadu untuk publik, saat ini aplikasi ini juga sudah dapat diakses,” tambah Bupati.

Aplikasi tersebut akan di launching pada bulan Mei 2-17 mendatang. Selain Sicantik, Irfendi menyebut, Limapuluh Kota juga telah menerpakan aplikasi pelayanan perizinan.

Sistem itu diberi nama Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Eloktronik (SPIPISE), dan Sistem Informasi Perusahaan Online (SIPO). “Nanti kami akan undang KPK dalam peluncuran-peluncuran aplikasi ini,” ungkapnya. (ARY/Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here