BBGRM Kota Solok Ditabuh

Sumbartime-Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 14 tahun 2017 di kota Solok ditandai  dengan pemukulan Gong dan peletakan batu pertama pembangunan pagar lapangan Futsal Asrama Kodim 0309 Solok,  oleh wakil walikota Solok, Ir. Reiner, ST. MM,  Kamis 19 Oktober 2017, di lapangan Futsal Asrama Kodim 0309 Solok.

BBGRM atau Goro Badusanak ke 14 dikota Solok mendapat dukungan serius dari semua unsur masyarakat yang ada, dan termasuk dukungan yang diberikan oleh lembaga legislatif setempat, maupun dukungan yang diterima dari BUMN dan BUMG yang ada.

Iklan

Asiten II bidang perekonomian dan pembangunan pemerintah kota Solok, Jefrizal, yang merupakan penanggung jawab dalam pelaksanaan Goro badusanak ke 14 yang dicanangkan di kota Solok, dalam laporan pertanggung jawabannya mengatakan,  anggaran kegiatan BBGRM kali ini meningkat dari anggaran kegiatan BBGRM tahun sebelumnya.

Pada kegiatan BBGRM ke 14 tahun 2017, pemerintah kota Solok bersama legislatif setempat telah mengalokasikan dana sebesar 3.527.300- milyar rupiah melalui dana Stimulan yang terletak di DIPA kecamatan, dan perhitingan besar dana yang telah dianggarkan itu adalah berdasarkan jumlah RT yang ada di kota Solok, dengan indek lebih kurang 25 juta rupiah per RT.

Lebih jauh Jefrizal menerangkan, tujuan BBRGM dilaksanakan adalah selain untuk meningkatkan penguatan integrasi sosial masyarakat, BBGRM juga bertujuan untuk menginformasikan dan memotifasi masyarakat  agar berperan serta dalam kegiatan Goro dilingkungannya masing masing, sehingga terjadi peningkatan kepedulian dan peran aktif masayarakat melalui semangat kebersamaan,  kekeluargaan dan gotoroyongan.

Disampaikannya, adapun persentase kegiatan yang akan dilaksanakan dimasing masing kelurahan yang ada,  secara rata rata adalah kegiatan fisik sebesar 80% dan kegiatan non fisik sebesar 20%.

Pada akhir kegiatan goro nantinya,  juga akan dilaksanakan penilaian kelurahan terbaik dalam pelaksanaan goro badusanak tahun 2017, yang penilaiannya mencakup aspek perencanaan,  pelaksanaan,  partisipasi masyarakat,  hasil yang diperoleh, serta laporan awal dan laporan akhir, ungkapnya mengakhiri.

Disela kegiatan itu pada kesempatannya, wakil walikota Solok mengucapkan apresiasi atas partisipasi dan bantuan yang telah diberikan oleh Bank Nagari untuk mendukung program BBGRM di kota Solok,  dan diharapkan nya apa yang telah diberikan itu,  menjadi motifasi bagi BUMN dan BUMD lainnya untuk ikut serta dalam mendukung setiap program kemasyarakatan yang sedang digalakan oleh pemerintah daerah setempat.

Lebih jauh disampaikannya,  semua masyarakat harus mampu dan ikut serta dalam memahami nilai nilai yang ada atas program goro badusanak yang dilaksanakan tersebut,  dan sebesar apapun tantangan dalam membangun daerah, akan berhasil dilaksanakan apabila serius dalam menyikapinya,  apa lagi dilaksanakan secara bersama.

Disela kegiatan itu,  wakil walikota Solok juga mengapresiasi keseriusan legislatif dalam mendukung program BBGRM yang ada,  dan hal itu merupakan sebuah bukti bahwa DPRD kota Solok benar benar berpihak kepada masyarakat,  dan hal itu terbukti dari telah disahkannya dan direkomendasikannya agar pemerintah daerah menaikan anggaran untuk program BBGRM dikota Solok untuk tahun berikutnya, papar Ir. Reiner mengakhiri.

Dari liputan media ini, kegiatan BBGRM ke 14 di kota Solok, juga dihiasi dengan penyerahan penghargaan dan hadiah lainnya kepada pemenang lomba goro badusanak tahun 2016, dan hadiah berupa piagam dan uang tunai yang diserahkan lansung oleh wakil walikita Solok itu, merupakan sumbangan dari bank nagari Solok.

Hadir pada kegiatan itu, Ketua DPRD kota Solok, Forkompinda, Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang, pimpinan OPD yang ada dilingkungan pemerintah kota Solok, serta undang lainnya dari unsur masyarakat. (Gia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here