BASIKAKEH RODA BASI TINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA KOTA SOLOK

Basikokeh

SUMBARTIME.COM-Sepertinya pemerintah kota Solok melalui Dinas Pariwisata setempat tidak pernah lelah dalam mengenalkan Destinasi destinasi  wisata kota Solok ke masyarakat luas, kali ini dinas yang dipimpin oleh Elvy Basri,SE.MM itu kembali menggali aset daerah berupa kesenian budaya tradisional dan menyajikan kepada masyarakat.

Tepatnya pada Kamis 10 Mei 2018 dihamparan Sawah Solok, depan kantor Pengadilan Negerti Solok, versama masyarakat setempat, Elvy Basri beserta jajarannya menyajikan beberapa perlombaan yang bernuansakan kesenian Minang Kabau, diantaranya adalah, Lomba Pacu Bajak, Lomba Pacu Upiah, dan Lomba Pacu Belut.

Iklan

Dan selain itu untuk memanjakan serta menyejukan mata para masyarakat yang datang, panitia acara juga menyajikan kesenian tradisional berupa permainan Batuang Gilo (Bambu Gila) dan penampilan Silek Tuo (Silat Tua) yang dilakukan oleh Tuo tuo Silek yang ada dikota dan kabupaten Solok.

Dalam kesempatannya itu, Elvy Basri mengatakan, kegiatan yang dikemasnya itu bertemakan Basikakeh Roda Basi, yang secara umum bertujuan untuk mengenalkan kembali tradisi yang dahulunya menjadi kegiatan rutin setiap datangnya musim tanam padi, dan selain itu juga untuk memperkenalkan keoada masyarakat luas akan keindahan hamparan oersawahan Sawah Solok yang dikelilingi oleh dereran bukit yang menghijau.

Sementara itu secara khusus kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan destinasi destinasi wisata kota Solok yang beroruentasi kepda peningkatan kunjungan wisata kedaerah tersebut dalam rangka menuju Visit kota Solok 2020.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan itu dibiayai oleh APBD kota Solok yang terletak di DPA dinas Pariwisata Kota Solok, sementara itu peserta adalah perwakilan dari kelurahan yang ada di lingkungan pemerintahan kota Solok.

Sementara itu walikota Solok, Zul Elfian, SH.M.Sidalam kesempatannya membuka kegiatan itu, mengucapkan apresiasi atas kegigihan dinas Pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisata di kota Solok, dan sekaligus telah mampu untuk menggali potensi kunjungan wisata melalui kekayaan kesenian budaya yang kita miliki.

Walikota Solok mengharapkan,  apa yang telah diupayakan oleh Dinas tersebut dapat menuai hasil yang maksimal, dan menjadi motivasi bagi OPD lainnya untuk berinovasi demi masyarakat dan daerah setempat.

Dari luputan Sumbartime.com, acara Basikakeh Roda Basi turut dihadiri dan disaksikan oleh Ketua DPRD kota Solok,Yutris Can dan jajarannya, Forkompimda kita Solok, kepala OPD yang ada dilingkungan pemerintahan kota Solok, Bundo Kanduang, Ninik Mamak kota Solok, sedta masyarakat kota Solok dan sekitarnya. (Gia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here