Angkutan Perintis Gratis Mulai Beroperasi, Ini Beberapa Rute Trayeknya

Bupati Irfendi Arbi luncurkan angkutan perintis untuk pelayanan masyarakat

Limapuluhkota, sumbartime.com — Pemkab Limapuluh Kota bakal mulai mengoperasikan armada angkutan perintis gratis, guna mempermudah transportasi masyarakat terlebih menjelang lebaran Idul Fitri 2017 mendatang. Ini dilakukan pasca sudah diluncurkannya alat transportasi gratis di Dinas Perhubungan itu oleh bupati Irfendi Arbi, Senin (6/6) lalu.

Menurut rencananya, untuk tahap pertama, angkutan perintis  ini akan melayani rute Sarilamak menuju Rumah Sakit dr Achmad Darwis, Kecamatan Suliki. Dengan Trayek Sarilamak-Gurun-Lubuak Batingkok- Simalanggang-Taeh Baruah-Mungka-Padang Jopang-Limbanang terakahir RSUD Ahcmad Darwis Suliki.

Iklan

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menyebut, angkutan perinstis ini bertujuan sebagai bentuk akomodasi permintaan masyarakat pada jalur yang belum terlayani angkutan umum, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan ke Rumah Sakit Daerah Dr Achmad Darwis Suliki.

“Ini sebagai bentuk pelayanan dan perhatian kepada masyarakat. Jadi dengan adanya mobil angkutan perintis ini, masyarakat tidak perlu risau lagi untuk berobat ke RSUD Suliki, karena Pemerintah telah menyiapkan transportasi gratis,” sebut Bupati.

Angkutan perintis, dikatakan, juga untuk lebih mengefektifkan sistem pelayanan transportasi sehingga penyelenggaraan angkutan umum. “Saya harap masyarakat mendapat layanan yang aman, nyaman dan selamat sampai tujuan,” sebut Bupati.

Plt Kepala Dinas Perhubungan, Yuniwal mengatakan  mobil perintis ini akan melewati rute jalan yang telah ditetapkan dimulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 15.00. “Dalam sehari kita usahakan minimal mobil berangkat satu kali pulang pergi,” sebutnya.

Sesuai UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan , pada pasal 7 (ayat 2) dan pasal 139 (ayat 3) maka diperlukan adanya pelayanan angkutan umum guna mendukung aktifitas dan mobilitas masyarakat dalam mengevektifkan jalannya roda ekonomi dan pemerintahan.

“Saat ini pelayanan dari pusat kota Sarilamak ke pusat pelayanan umum seperti Rumah Sakit belum terlayani secara maksimal, khususnya bagi masyarakat yang akan berobat ataupun pasien rujukan dari puskesmas ke RSUD. Hal ini, yang menjadi latar belakang bagi Dinas Perhubungan mengembangkan angkutan umum dengan layanan angkutan perintis secara gartis” ujarnya.

Tahap ini, mobil perintis yang diluncurkan hanya melayani pada Hari Senin sampai Kamis saja dengan Trayek Sarilamak ke Suliki. ” Untuk tahap selanjutnya akan ditambah rute-rute yang lain, sehingga dapat melayani masyarakat di 13 Kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota,” pungkasnya. (ARY/Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here