Akibat Tumpahan Minyak Sawit, Perairan Teluk Bayur Tercemar

Sumbartime.com-Perairan Teluk Bayur Padang tercemar akibat tumpahan Crude Palm Oil (CPO), Kamis, (28/09) sekira pukul 10.00 . Pencemaran minyak milik PT Wira Inno Mas  tersebut, diduga akibat bocornya salah satu tangki besar, hingga tumpahannya masuk ke dalam perairan.

Menurut Humas Indonesian Port Corporation (PT Pelabuhan Indonesia II), Muhammad Taufik, menjelaskan ke awak media, Kamis siang bahwa dirinya mengakui perairan Teluk Bayur Padang tercemar akibat tumpahan minyak sawit berwarna kuning tersebut.

Iklan

Dijelaskan lagi, tumpahan tersebut, akibat bocornya salah satu tangki besar milik PT Wira Inno Mas, hingga minyak sawit menggenangi perairan dermaga, ujarnya. Namun akunya lagi, pengaruh tumpahan itu tidak ada, dengan alasan tumpahannya terjadi dekat pabriknya.

Ditambahkan lagi, bahwa pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Teluk Bayur untuk mengambil langkah langkah tindakan maupun sangsi, tutur Taufik.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Al Amin, saat dikonfirmasi awak media, terkait kejadian tersebut, dirinya menilai bahwa tumpahnya minyak sawit dan mencemari perairan Teluk Bayur akibat dari kelalaian pihak Perusahaan.

Untuk itu, sesuai dengan aturan dan perundangan yang berlaku, kami akan meminta pihak perusahaan untuk bisa membersihkan perairan yang tercemari akibat tumpahan minyak sawit tersebut. Dan jika permintaan kami ini tidak ditindak lanjuti, kami akan cabut perizinan perusahaan mereka, tandasnya mengatakan. (yendra)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here